Masyarakat Kampung Kapatcol, Raja Ampat, Lestarikan Laut dengan Tradisi Sasi

- 14 Mei 2024, 21:05 WIB
Melindungi Laut Raja Ampat
Melindungi Laut Raja Ampat /ADMIN FOTO/Indonesia.go.id

SABACIREBON - Masyarakat di Kampung Kapatcol, Distrik Misool Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, meyakini bahwa laut adalah berkah yang tak terhingga, dan mereka bertekad menjaga keberlangsungan berkah tersebut.

Dengan memegang teguh kearifan lokal dalam bentuk tradisi Sasi, masyarakat di Kampung Kapatcol berusaha keras untuk melestarikan ekosistem laut, yang dianggap sebagai warisan tak ternilai bagi mereka.

Tradisi Sasi merupakan sistem pengelolaan sumber daya alam yang melibatkan pembatasan penggunaan dan penangkapan ikan serta perlindungan terhadap ekosistem laut selama periode tertentu.

Baca Juga: Ekspor Kelapa Indonesia Capai USD1,5 Miliar, Lombok Jadi Pusat Hilirisasi

Melalui tradisi Sasi, masyarakat setempat berkomitmen untuk menjaga kelestarian ekosistem laut, dengan cara membatasi aktivitas penangkapan ikan dan eksploitasi sumber daya laut lainnya dalam batas yang ditentukan.

Tujuan utama dari tradisi Sasi adalah untuk memastikan kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan, serta untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut yang sangat penting bagi kehidupan mereka.

Dalam pelaksanaannya, tradisi Sasi melibatkan kesepakatan bersama antara seluruh anggota masyarakat, yang dihormati dan ditegakkan secara adat dan hukum setempat.

Baca Juga: Studi Temukan Hubungan Gangguan Makan dan Diabetes yang Bergantung pada Insulin

Masyarakat Kampung Kapatcol menjalankan tradisi Sasi dengan penuh kesungguhan dan komitmen, sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap alam dan warisan budaya nenek moyang mereka.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah