Mampu Deteksi Virus dalam 15 Menit, Sebuah Perusahaan Ciptakan Alat Tes Covid-19 untuk di Rumah

- 18 September 2020, 16:52 WIB
Ilustrasi COVID-19 /

PR CIREBON – Sebuah tes Covid-19 baru mampu membuahkan hasil dalam 15 menit dengan bantuan aplikasi smartphone bisa menjadi tes pertama yang bisa dilakukan di rumah tanpa melibatkan laboratorium.

Perusahaan bioteknologi Cellex bermitra dengan Gauss, sebuah startup visi komputer, sedang mengembangkan tes respon cepat yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan hasil.

Dilansir Pikiranrakyat-Cirebon.com dari New York Post, tes antigen ini melibatkan pengambilan kapas hidung ke kedua lubang hidung kemudian menempatkannya dalam botol kecil berisi larutan buffer. Empat tetesan kemudian diambil dari vial dan ditempatkan pada kaset uji.

Baca Juga: Mutilasi di Kalibata City Bikin Geger, Berawal dari Aplikasi Kencan hingga Nekat Ingin Kuasai Harta

Garis akan berkembang dengan berbagai tingkat intensitas tergantung pada seberapa banyak, jika ada, virus di dalam sampel, mirip dengan tes kehamilan.

Tes kemudian dipindai dengan smartphone melalui aplikasi, yang akan menggunakan AI untuk memberitahu pengguna jika mereka dites positif atau negatif dan semuanya dalam 15 menit.

"Dengan menyematkan algoritma visi komputer yang canggih dalam pengalaman pengguna yang dirancang dengan cermat, kami dapat memungkinkan konsumen untuk melakukan pengujian cepat di rumah mereka sendiri serta operator terlatih atau instrumen laboratorium hanya dengan menggunakan kamera smartphone mereka," kata CEO Gauss, Siddarth Satish, dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Ahok Singgung Soal Kadrun dan Tuai Kecaman, Tengku Zulkarnain: Sungguh Ahok Tidak Tahu Diri

Jika Administrasi Makanan dan Obat (FDA) menyetujui diagnosis tersebut, tes itu akan menjadi tes Covid-19 pertama yang dapat dilakukan hingga selesai di rumah.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: New York Post


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X