Virus Corona dapat Tumbuh di Ponsel, Simak Penjelasan dan Cara Membersihkannya

- 6 April 2020, 08:40 WIB
Ilustrasi kecanduan smartphone. Dok PRFM.

PIKIRAN RAKYAT - Virus corona terus menyebar ke berbagai belahan dunia. Seluruh penyedia layanan kesehatan menginstruksikan untuk berhati-hati dengan mengikuti kebiasaan pola hidup sehat dan menjungjung tinggi kebersihan.

Kebersihan yang dilakukan bukan hanya untuk perawatan diri sendiri, melainkan seluruh benda atau apapun yang berhubungan dengan kita. Apalagi benda tersebut sering digunakan sehari-hari.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Satu Keluarga Bidan di Cimahi Positif Covid-19? Wali Kota Angkat Suara

Masker kain menjadi salah satu alternatif untuk mencegah masuknya virus tersebut. Ditambahkan membiasakan memakai pembersih tangan (Hand Sanitizer) dan mempraktikkan kebiasaan higienis lain yang baik.

Namun tahukah kamu ternyata alat elektronik seperti ponsel pribadi dan juga laptop perlu selalu dibersihkan? Karena ponsel adalah sarang untuk bakteri dan virus yang meningkatkan risiko infeksi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Cirebon, 06 April 2020: Plered dan Kejaksan akan Diguyur Hujan Ringan

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs Boldsky, Menurut The Journal of Hospital Infection, coronavirus sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS) atau virus coronavirus manusia endemik (HCOV) dapat hidup di permukaan seperti kaca, plastik, atau logam hingga sembilan hari lamanya.

Ini berarti bahwa terlepas dari seberapa banyak kita mencuci tangan, jika ponsel tidak bersih, tubuh berpotensi terkena virus tersebut.

Maka dari itu, ketahui panduan tentang cara membersihkan dan mendisinfeksi ponsel dengan cara yang benar.

Baca Juga: Cek Fakta: Di Tengah Wabah Covid-19, Benarkah Takbir Bergema di Italia?

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X