Heboh, Asteroid Sebesar Jembatan Golden Gate San Frasisco akan Mendekati Bumi, Ini Penjelasan NASA

- 23 November 2020, 17:45 WIB
Ilustrasi Asteroid melintas dekat bumi. /Foto: Pixabay/

PR CIREBON - Kabarnya asteroid raksasa berdiameter 0,51 kilometer akan berada di dekat Bumi minggu ini.

Besarnya diameter tersebut sama dengan jembatan Golden Gate san Francisco dan diprediksi akan melewati dalam jarak sekitar 4 juta kilometer dari Bumi.

Tingginya juga dikatakan sama dengan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa of Dubai, yang tingginya lebih dari 800 meter.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mendefinisikan asteroid sebagai sisa-sisa batuan dan tak berudara dari pembentukan awal tata surya sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu dan menyatakan bahwa ada sekitar 1.031.488 di antaranya hingga saat ini.

Baca Juga: Ironis, Trump Asik Bermain Golf saat Pemimpin G20 Bahas Covid-19, Seolah 12,2 Juta Kasus Tak Parah

Asteroid khusus ini pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan di New Mexico pada tanggal 29 November 2000 dan mereka terus melacaknya sejak saat itu.

Dilansir PikiranRakyat-Cirebon.com dari Unilad, menurut NASA Asteroid 153201 2000 WO107 diperkirakan akan mendekati Bumi pada hari Minggu 29 November pukul 10.09 GMT dan diperkirakan akan melaju sekitar 56.000 mph.

Asteroid tersebut  telah diklasifikasikan sebagai Near Earth Asteroid (NEA) karena akan datang dalam jarak 1,3 mil astronomi dari Bumi, selain dijuluki sebagai Potentially Hazardous Asteroid (PHA).

Baca Juga: Libur Akhir Tahun Terancam Tiada Jika Kasus Covid-19 Melonjak, Menko PMK: Presiden Minta Pengurangan

Selain itu, asteroid ini juga digolongkan sebagai asteroid Apollo karena akan bertabrakan dengan orbit Bumi saat melewati ruang angkasa.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: unilad


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X