Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Dana Indonesiana 2024: Dorong Kreativitas dan Pemajuan Kebudayaan

- 11 Juni 2024, 17:00 WIB
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid.
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid. /ANTARA/Zuhdiar Laeis

SABACIREBON - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka pendaftaran Dana Indonesiana 2024. Menurut Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, program ini ditujukan untuk sektor kebudayaan, memungkinkan penggunaan dana dengan lebih fleksibel.

"Dana Indonesiana dirancang khusus untuk sektor kebudayaan sehingga hasil pengembangannya bisa dimanfaatkan dengan lebih fleksibel," katanya, Senin (10/6).

Bantuan pemerintah ini disalurkan melalui Dana Abadi Kebudayaan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Tema Dana Indonesiana 2024 adalah "Kebudayaan untuk Hidup Berkelanjutan," dengan standar biaya yang lebih sesuai dengan kebutuhan kegiatan kebudayaan dan pelaku budaya.

Hilmar Farid menjelaskan bahwa pembiayaan untuk kegiatan kebudayaan masih minim, menghambat inisiatif dan kreativitas dalam bidang tersebut.

Program ini diharapkan dapat memperluas akses masyarakat pada sumber pendanaan untuk memperkuat keterlibatan publik dalam pemajuan kebudayaan yang berkelanjutan.

Kategori penerima manfaat mencakup berbagai bidang, mulai dari Pendayagunaan Ruang Publik hingga Kajian Obyek Pemajuan Kebudayaan dan Cagar Budaya.

Pelaksanaan program dilakukan melalui kerja sama antara Ditjen Kebudayaan dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Proses pendaftaran Dana Indonesiana Tahun 2024 dapat diakses melalui laman resmi Kemendikbudristek.

Halaman:

Editor: Buddy Nugraha

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah