Hardiknas 2021: Sejarah Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara Sebagai Jurnalis

- 2 Mei 2021, 09:45 WIB
Patung Ki Hadjar Dewantara di depan Pendapa Agung Tamansiswa Yogyakarta: Sejarah Bapak Pendidikan Nasional, Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara, yang dikenal pernah menjadi seorang jurnalis.
Patung Ki Hadjar Dewantara di depan Pendapa Agung Tamansiswa Yogyakarta: Sejarah Bapak Pendidikan Nasional, Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara, yang dikenal pernah menjadi seorang jurnalis. /- Foto : Portal Jogja/Siti Baruni/

PR CIREBON — Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini, 2 Mei 2021, Pikiran Rakyat Cirebon akan mengulas sejarah dari sosok Bapak Pendidikan Nasional, RM Soewardi Soerjaningrat yang dikenal sebagai Ki Hadjar Dewantara.

Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh pendidikan yang sangat fenomenal.

Walaupun predikat dokter tidak dapat diraihnya, akan tetapi Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara ini justru berkembang dalam bidang jurnalistik.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Everton vs Aston Villa, Anwar El Ghazi Cetak Gol Indah pada Menit-menit Akhir

Sebagai jurnalis, dalam kiprahnya Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hadjar Dewantara banyak memuat tulisan bermuatan politik.

Tulisan-tulisannya itu banyak ditayangkan oleh koran dan dan majalah terbitan pemerintah Hindia Belanda maupun negeri Belanda.

Hiruk pikuknya Ki Hadjar Dewantara sebagai jurnalis, banyak asam garam yang ia makan menjadi suka duka pengalamannya yang fenomenal.

Baca Juga: Ramalan Kartu Tarot Zodiak Minggu 2 Mei 2021: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Jangan Dengar Kata Mereka

Pasalnya, ia kerap ditahan bahkan dibuang ke pengasingan buah dari tulisan yang kental bermuatan kritik terhadap kolonial Belanda.

Halaman:

Editor: Tita Salsabila


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X