Sandy Walsh dan Jordi Amat Bakal Jalani Pengambilan Sumpah WNI Secara Virtual, Ini Alasan Menpora

- 22 September 2022, 06:07 WIB
Sandy Walsh dan Jordi Amat rencananya bakal menjalani pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia secara virtual, ini kata menpora
Sandy Walsh dan Jordi Amat rencananya bakal menjalani pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia secara virtual, ini kata menpora /PSSI

SABACIREBON – DPR RI telah menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI calon pemain tim nasional Indonesia Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Kepastian itu terungkap dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-5 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023, pada Selasa 20 September 2022.

"Sesuai hasil pembahasan Komisi III dan Komisi X memutuskan menyetujui pemberian pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Jordi Amat dan Sandy Walsh," kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus selaku pimpinan rapat.

Setelah dari DPR, proses naturalisasi Walsh dan Amat akan berlanjut ke Sekretariat Presiden agar keluar Keputusan Presiden sebelum dilakukan pengambilan sumpah kewarganegaraan.

Baca Juga: Kabar Terbaru Proses Naturalisasi Jordi, Sandy dan Pattynama, Berkasnya Telah Ditandatangani Presiden

Kemajuan proses naturalisasi Walsh dan Amat jelas menjadi angin segar bagi pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, dalam persiapan untuk tampil di putaran final Piala Asia 2023 nanti.

Amat merupakan bek berusia 30 tahun kelahiran Spanyol yang memiliki darah keturunan Indonesia melalui neneknya asal Makassar, Sulawesi Selatan., yang pernah membela Negeri Matador itu di level U-19, U-20, dan U-21.

Sandy Walsh dan Jordi Amat, rencananya bakal menjalani pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia secara virtual, demikian disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Menpora mengaku bahwa proses tersebut tetap sah dan dipilih setelah ia berkoordinasi langsung dengan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Edward Omar Sharief Hiariej, lantaran kedua pemain tersebut masih bermain di kompetisi luar negeri.

Halaman:

Editor: Fabian DZ

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x