UEFA Setujui Regulasi Baru Liga Champions Eropa, Berlaku 2024, Berikut Isinya

- 11 Mei 2022, 01:20 WIB
Ilustrasi aturan baru Liga Champions 2024/2025.
Ilustrasi aturan baru Liga Champions 2024/2025. /UEFA/

SABACIREBONUEFA menyetujui regulasi atau aturan baru Liga Champions. Awalnya, regulasi tersebut isu belaka. Namun, UEFA dalam website resminya, menyetujui aturan baru tersebut.

Setelah konsultasi menyeluruh dengan para pemangku kepentingan, Komite Eksekutif UEFA di Wina, Rabu 11 Mei 2022 dini hari WIB, menyetujui format final dan daftar akses untuk kompetisi klub Eropa pada musim 2024/2025. Ini adalah lanjutan keputusan UEFA pada 19 April 2021. UEFA menyebut bahwa aturan ini disebut "Sistem Swiss".

Baca Juga: Prediksi Final Liga Champions Antara Liverpool vs Real Madrid, Hari Minggu Tanggal 29 Mei 2022

Format baru Liga Champions Eropa atau UCL sempat diumumkan tiga tahun lalu. UEFA akhirnya menyetujui format baru tersebut.

Ada beberapa aturan dan sistem baru yang nantinya akan diterapkan di Liga Champions Eropa. Pertama, terkait jumlah keterlibatan klub. Kalau sebelumnya klub yang berpartisipasi dalam Liga Champions berjumlah 32 klub, kini ditambah empat klub menjadi 36 klub.

Kedua, mengenai regulasi kompetisi. Pada format baru Liga Champions Eropa nantinya tidak akan berjalan seperti yang selama ini dengan sistem grup dan babak penyisihan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces, Rabu 11 Mei 2022. Menyebarkan Keceriaan

Menurut UEFA.com, format baru Liga Champions Eropa akan memakai format setengah kompetisi (hampir mirip seperti liga). Jadi, nantinya setiap klub akan melakoni 10 pertandingan, masing-masing lima laga kadang dan lima laga tandang.

Dari hasil 10 pertandingan masing-masing klub, delapan klub terbaik akan otomatis lolos langsung dan melaju ke babak 16 besar. Sisa delapan slotnya akan diperebutkan tim dengan peringkat kesembilan hingga ke-24 dalam babak play-off. Nah, pada babak 16 besar, akan berlaku sistem gugur seperti biasanya.

Halaman:

Editor: Agit Pratama

Sumber: UEFA Liga Champions UCL


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x