Mulai 1 Juni 2024, Pembelian Elpiji 3 Kg Wajib Tunjukkan KTP: Upaya Tepat Sasaran Subsidi Pemerintah

- 31 Mei 2024, 23:41 WIB
Mulai Sabtu, 1 Juni 2024 konsumen gas elpiji 3 kilogram (LPG) diwajibkan menunjukkan KTP saat bertransaksi.
Mulai Sabtu, 1 Juni 2024 konsumen gas elpiji 3 kilogram (LPG) diwajibkan menunjukkan KTP saat bertransaksi. /Portal Bandung Timur/heriyanto/

SABACIREBON - Konsumen gas elpiji 3 kilogram (LPG) diwajibkan menunjukkan KTP saat bertransaksi mulai Sabtu 1 Juni 2024.

Pertamina menjelaskan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk memetakan siapa saja yang masih menggunakan gas melon tersebut.

Hanya rumah tangga miskin, sangat miskin, hampir miskin, usaha mikro tertentu, nelayan sasaran, serta para petani yang diperbolehkan membeli elpiji 3 kilogram.

Baca Juga: Akhiri Penantian 10 Tahun, Persib Bandung Sabet Gelar Juara Liga 1 Indonesia

Sejak Januari 2024, konsumen yang berhak mendapat elpiji 3 kg telah diminta untuk mendaftarkan diri ke pangkalan resmi Pertamina dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Selama proses pendataan ini, tercatat 41,8 juta masyarakat yang mendaftar, dengan 39,5 persen di antaranya berasal dari sektor rumah tangga.

Kewajiban pendaftaran elpiji 3 kilogram ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 104/2007 dan Peraturan Presiden Nomor 38/2019.

Baca Juga: Dominasi Persib Bandung: Bojan Hodak dan David Da Silva Raih Penghargaan Bergengsi di Liga 1 Indonesia

Sementara pendataannya merupakan tindak lanjut dari Nota Keuangan Tahun 2023 yang menyatakan komitmen pemerintah untuk melakukan langkah-langkah transformasi subsidi elpiji 3 kg, menjadi berbasis target penerima atau by name by address dan terintegrasi dengan program perlindungan sosial secara bertahap.

Halaman:

Editor: Fabian DZ

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah