Ancaman atas Kedaulatan Indonesia di Laut Natuna Utara, Kaya Sumber Daya Kelautan

- 27 Mei 2024, 16:20 WIB
Peta Laut Natuna Utara yang masuk kedalam Kedaulatan Indonesia
Peta Laut Natuna Utara yang masuk kedalam Kedaulatan Indonesia /

SABACIREBON -- Laut China Selatan merupakan Jalur perdagangan utama yang menghubungkan negara-negara Asia Tenggara dengan negara-negara di Asia, Amerika, dan Eropa.

Namun, keberadaan laut ini juga dapat menjadi  sumber konflik yang dapat membahayakan Kedaulatan Indonesia. Karena keberadaan Laut China Selatan dapat memengaruhi keamanan dan kedaulatan Indonesia atas laut Natuna Utara.

Ini menunjukkan bahwa konflik di wilayah tersebut dapat mengganggu stabilitas politik dan keamanan di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Laut China Selatan memiliki arti penting bagi bagi Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia sangat bergantung pada laut karena laut merupakan jalur perdagangan penting bagi perekonominya dan ketersediaan sumber daya alam di dalamnya seperti ikan, minyak bumi  dan gas.

Baca Juga: Rinov Pitha Harus Puas di Posisi Runner Up Malaysia Master 2024

Laut China Selatan juga merupakan bagian penting dari wilayah maritim Indonesia karena perairannya yang strategis dan kaya akan sumber daya.

Area perairan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan, terutama Laut Natuna Utara, juga sangat penting, karena Natuna berada di dekat perbatasan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia dan klaim wilayah laut China.

Hal ini   mungkin akan menjadi tempat konflik dengan China yang secara kontroversial mengklaim sepihak atas sebagian besar Laut China Selatan.

Ancaman atas kedaulatan di wilayah laut natuna utara yang menjadi wilayah Indonesia  sangatlah nyata dan perlu disadari oleh segenap masyarakat Indonesia. Kedaulatan memiliki arti yang sangat penting bagi sebuah negara karena hal itu  merupakan kekuasaan absolut atas wilayah tertentu.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah