Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Pangan di Kolaka Utara

- 14 Mei 2024, 21:10 WIB
Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Pangan bagi Masyarakat di Kolaka Utara
Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Pangan bagi Masyarakat di Kolaka Utara /BPMI /Setpres

SABACIREBON - Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya dukungan pangan dari pemerintah terhadap masyarakat di tengah kenaikan harga pangan global.

Hal itu disampaikan Presiden dalam acara penyerahan bantuan beras di Lapangan Tenis Alun-Alun Kirambu Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Selasa, 14 Mei 2024.

Bantuan beras 10 kilogram telah disalurkan secara berkala dan akan diteruskan hingga Juni, dengan harapan bisa diperpanjang hingga Desember, ungkap Presiden.

Baca Juga: Masyarakat Kampung Kapatcol, Raja Ampat, Lestarikan Laut dengan Tradisi Sasi

“Untuk sementara yang 10 kilo ini sampai bulan Juni. Tapi kita berdoa bersama agar nanti APBN ada kelebihan sehingga bisa diteruskan sampai Desember,”.

Kenaikan harga beras dan pangan lainnya di tingkat global disebabkan oleh faktor eksternal seperti kondisi iklim dan konflik geopolitik, seperti El Nino dan perang di Palestina dan Ukraina, jelas Presiden Jokowi.

“Itu terjadi di semua negara yang kenaikannya melebihi kita. Karena terjadi kemarau panjang, terjadi El Nino, juga karena transportasi sekarang tidak mudah karena ada perang di Palestina, ada perang juga di Ukraina.”

Baca Juga: Ekspor Kelapa Indonesia Capai USD1,5 Miliar, Lombok Jadi Pusat Hilirisasi

Presiden menyatakan bahwa keberadaan bantuan beras merupakan langkah konkret untuk meringankan beban masyarakat di tengah kesulitan ekonomi global yang dialami oleh banyak negara.

Acara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas sosial ekonomi masyarakat di tengah tantangan ekonomi dan geopolitik global.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: setneg.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah