Poin Penting Atasi Covid-19 Bukan 3M, dr Tirta: Masker Susah Dibeli, Masyarakat Lebih Butuh Makan

- 2 Oktober 2020, 08:50 WIB
dr tirta Mandira Hudhi
dr tirta Mandira Hudhi /Youtube/Deddy Corbuzier

PR CIREBON – Dokter yang juga menjadi relawan Covid-19, Tirta Manidira Hudi atau akrab dipanggil dr Tirta kembali memberikan penjelasan mengenai pentingnya nutrisi makanan untuk mengatasi Covid-19.

Sebelumnya, masyarakat dianjurkan untuk menerapkan disiplin 3M (Mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga Jarak). Disiplin 3M dinilai sangat efektif dalam mencegah penularan Covid-19.

Melalui video podcast yang di unggah channel Youtube Deddy Corbuzier pada 29 September 2020, Tirta menjelaskan bahwa poin penting mengatasi Corona itu bukan hanya disiplin 3M, melainkan nutrisi dan olahraga.

Baca Juga: Jawab Tudingan Keruk Kekayaan Alam Papua, Mahfud: Dana Pengelolaan Jauh Lebih Besar dari Sumbangan

“Kenapa klaster penyebaran Corona lebih banyak pada pekerja kantor? Karena mereka jarang bergerak dan hanya duduk diam di satu tempat (gaya hidup sedenter),” ujar dr. Tirta dalam dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari video podcast berjudul ‘Kami butuh MAKAN! Bukan MASKER’ yang diunggah channel Deddy Corbuzier.

Tirta juga menambahkan bahwa para pekerja lapangan lebih kuat imunnya dibanding pekerja kantor karena terbiasa melakukan aktivitas fisik yang lebih berat. Atlet pun demikian, seperti yang terjadi pada Ibrahimovic dan Neymar yang sembuh dari virus Corona lebih kurang 4 hari perawatan.

Kebijakan pemerintah menjadi kontroversi karena banyak tempat kebugaran yang di tutup. Sementara itu banyak tempat hiburan malam yang dibuka.

Baca Juga: Waspada Gelombang Tinggi dalam Dua Hari Mendatang, Pulau Jawa Berpotensi Terjadi Tsunami

Tirta juga mengungkapkan susahnya edukasi 3M, khususnya penggunaan masker ke rakyat kecil karena mereka tidak punya penghasilan. Yang ada dipikiran mereka hanya bagaimana bertahan hidup, mencari makan di tengah situasi Corona bukannya malah membeli masker.

“Saya punya tugas memberi edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan masker. Tapi, masyarakat kalangan bawah saja susah membelinya. Mereka curhat ke saya, ‘kami butuh makan!’,” ujar dr. Tirta.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X