Pasien OTG Covid-19 di Jakarta Bisa Isolasi Mandiri di Rumah, Simak Persyaratan Lengkapnya

- 25 September 2020, 20:30 WIB
ILUSTRASI Covid-19. //Pexels/Edward Jenner

PR CIREBON - Jika memenuhi persyaratan, para pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 di Jakarta, masih dapat melakukan isolasi mandiri di rumah sendiri.

"Nah nanti tim puskesmas kan mengasesmen 'oh iya rumahnya memang memadai' tentu dengan pengawasan tim dari kita, jadi pengawasan tim kita dan gugus RW setempat, dan puskesmas setempat," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr Widyastuti dalam dialog 'Prosedur Isolasi OTG Covid-19 Mudah atau Sulit' di akun Youtube BNPB, Kamis, 24 September 2020, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari RRI.

Widyastuti mengatakan, syarat rumah yang menjadi standar perawatan adalah rumah harus memiliki ventilasi hingga pencahayaan yang cukup, juga wajib memakai peralatan makan dan mandi sendiri. 

Baca Juga: Covid-19 di DKI Jakarta Kembali Cetak Rekor, PKS Singgung Kinerja Luhut: Apa Langkah yang Diambil?

"Mekanismenya tentu rumahnya memadai, rumah yang memadai dengan ventilasi memadai dan pencahayaan yang cukup, kemudian alat mandi, alat makan yang terpisah dibandingkan anggota keluarga lain, dan di rumah tetap pakai masker karena kan kalau keluar kamar ketemu dengan anggota keluarga yang lain," ujarnya.

Menurutnya, pasien juga harus diberikan bantuan pendampingan tim kesehatan dan gugus RW. Tidak selalu hadir ke rumah, melainkan bisa dengan konsultasi.

"Tentunya pada saat untuk memutuskan apakah seseorang pasien atau warga kita bisa isolasi di rumah atau tidak, itu memang kita sudah mengimbau mengharuskan pasien ini untuk berkoordinasi dengan puskesmas setempat," kata Widyastuti.

Baca Juga: Makin Berani Bicara Soal PKI, Gatot Nurmantyo Singgung PDIP Jadi Tempat Berkumpulnya Keturunan PKI

"Jadi dengan bantuan dari pendampingan dari tim puskesmas untuk isolasi mandiri, bantuan ini bukan selalu hadir di rumah tersebut tetapi konsultasi yang disiapkan oleh teman-teman puskesmas, dan juga dukungan dari gugus RW setempat untuk menjaga warganya bisa melakukan isolasi mandiri dengan sukses," pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X