Mengejutkan, IDI Sebut Jumlah Polisi yang Gugur karena Covid-19 Lebih Banyak dari Dokter

- 19 September 2020, 16:33 WIB
Ilustrasi virus corona. /pixabay

PR CIREBON - Sebanyak 117 dokter di Indonesia telah gugur akibat terpapar Covid-19.

Sebanyak 53 orang di antaranya merupakan dokter spesialis termasuk 4 diantaranya Guru Besar, sebanyak 2 orang dari dokter residen, serta 62 orang dari dokter dimana 3 diantaranya adalah Guru Besar.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Daeng M Faqih mengatakan, banyaknya dokter yang gugur tersebut harus dijadikan evaluasi serta mencari solusi terbaik agar tidak semakin banyak tenaga medis lagi meninggal terpapar Covid-19 terutama saat bertugas.

Baca Juga: Pakar Asal Tiongkok Perkirakan Covid-19 akan Menginfeksi 70 Persen Warga Dunia

“Kita tahu memang data terakhir yang saya terima dari mitigasi itu 117 kalau tidak bertambah lagi petugas medis yang lain yang meninggal. Mari kita renungkan dan mari kita melakukan evaluasi bersama untuk kedepan kita carikan solusi yang terbaik,” ungkap Daeng dalam Webinar Nasional ‘Dokterku Sayang, Dokterku Berjuang’ secara virtual, Sabtu, 19 September 2020 dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Warta Ekonomi.

Lebih lanjut, Daeng menyebut, sesungguhnya banyak aparat keamanan, yakni TNI-Polri yang meningal akibat terpapar Covid-19 ketika mengemban tugas.

“Tapi tentunya kita tahu juga bahwa bukan hanya petugas medis atau tenaga kesehatan yang gugur tapi rakyat kita juga banyak gugur, banyak korban atas musibah Covid. Kemudian petugas-petugas yang lain seperti perawat ya, kemudian bidan, dokter gigi dan petugas kesehatan yang lain juga banyak gugur,” bebernya.

Baca Juga: Beijing Ceroboh Soal Asal-usul Pandemi, Mantan Dubes AS: Tiongkok Enggan Mengakui Kesalahan

“Bahkan petugas pemerintah, aparat keamanan TNI-Polri itu juga banyak yang gugur. Malah saya dengar dari kawan-kawan Polri itu, petugas Kepolisian lebih banyak dari kita yang gugur,” ungkap Daeng.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X