Anies Baswedan Sibuk Kontroversi PSBB Ketat, Elektabilitas Tinggi Diambil Alih Ridwan Kamil

- 17 September 2020, 11:03 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. /Kolase Dok. Pikiran Rakyat dan Dok. Humas Jabar

PR CIREBON - Elektabilitas atau tingkat ketertarikan publik terhadap figur atau sosok kepala daerah, saat ini ramai dibicarakan. Hal itu berkaitan dengan bagaimana sikap pemerintah daerah dalam menanggapi maupun mengeluarkan suatu kebijakan di masa pandemi Covid-19.

Untuk mengetahui tingkat elektabilitas publik terhadap pemerintah tersebut, maka dapat diketahui dengan melakukan survei oleh lembaga survei.

Lembaga survei seperti Polmatrix Indonesia telah melakukan survei kepada masyarakat terkait elektabilitas beberapa gubernur saat ini.

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs Warta Ekonomi, Survei yang dilakukan oleh Polmatrix Indonesia tersebut, menunjukkan bahwa tingkat elektabilitas Ridwan kamil, selaku Gubernur Jawa Barat telah berhasil menggeser elektabilitas Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta.

Baca Juga: Poyuono Belum Jelas Jabat Pengurus Gerindra Lagi, Teguh Desak Pembersihan Prabowo dari Kerusuhan 98

Dendik Rulianto, sebagai Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia, mengatakan, pada urutan berikutnya ada Ganjar Pranowo, selaku Gubernur Jawa Tengah.

Perubahan yang signifikan terjadi pada posisi ketiga, dimana sebelumnya diduduki oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang kini tergeser oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Perubahan tersebut terekam dalam periode waktu empat bulan sejak survei sebelumnya yang dilakukan pada Mei 2020.

Dendik menuturkan, persaingan antara kedua kepala daerah yang bertetangga itu mendorong pula kompetisi dalam mengeluarkan kebijakan.

Baca Juga: Vaksin Sinovac Diragukan Banyak Ahli Negara Barat, Tiongkok Pastikan Vaksinnya Tak Ada Efek Samping

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X