Hasil Survei Terbaru Capres 2024: Giring Tembus 8 Besar, Ridwan Kamil Gencar Salip Anies Baswedan

- 16 September 2020, 17:23 WIB
Kolase foto Giring Ganesha (kiri), Ridwan Kamil (tengah), dan Anies Baswedan (kanan).* /

PR CIREBON - Polmatrix Indonesia merilis hasil survei terbaru Capres 2024. Hasil survei menunjukkan adanya pergeseran dan kejutan yang dinamis di posisi tiga besar yang masih dihuni wajah-wajah lama.

Dalam rilis yang diterima, Rabu, 16 September 2020 survei teratas, masih ditempati Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan tingkat keterpilihan sebesar 18,5 persen. 

Kemudian, urutan selanjutnya, ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,9 persen di posisi kedua.

Baca Juga: Xi Jinping Tolak Bantuan AS Terkait Covid-19 di Tiongkok, Trump: Hal Itu Sangat Menghina Saya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati posisi ketiga, mengalami kenaikan signifikan, dari 7,9 persen di bulan Mei, kini menjadi 11,1 persen. 

Ridwan Kamil terus menyalip Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang justru anjlok, dari sebelumnya mendapat 12,8 persen dukungan publik, kini hanya 10,6 persen.

Ini menunjukkan konfigurasi baru pertarungan elite politik yang menampilkan tiga besar menuju Pilpres 2024. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto.

Baca Juga: Minta Pembubaran BUMN hingga Kritik Peruri, Berikut Deretan Kekesalan Ahok Terhadap Pertamina

“Yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil,” ungkapnya, sebagaimana diberitakan Warta Ekonomi dalam artikel berjudul Hasil Survei Capres Terbaru: Anies Dibuat Keok, Giring Si Pendatang Baru Top!

Kemudian, yang menjadi menarik adalah, kenaikan elektabilitas Ridwan Kamil yang menggeser posisi Anies, padahal keduanya merupakan kepala daerah yang bertetangga dan sama-sama menghadapi krisis wabah Covid-19.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X