Refly Harun Diam-diam Puji Presiden Jokowi, Sebut Periode Pertama Miliki 'Starting Point' Tinggi

- 6 Agustus 2020, 17:39 WIB
Pakar hukum tata negara, Refly Harun. /Kanal YouTube Refly Harun

PR CIREBON - Pengamat politik yang juga seorang pakar hukum tata negara, Refly Harun terbilang rajin memberikan komentar atas kinerja Pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tepatnya, aliran komentar itu selalu dilakukan Refly dalam kanal Youtube pribadinya. Hingga akhirnya, unggahan paling terbaru yang berjudul 'Ngeluhin Jokowi, Malah ke Rizal Ramli!!! Organisasi Saya PDIP' juga berbicara soal kinerja Presiden Jokowi selama memimpin bangsa Indonesia dalam enam tahun terakhir.

Menurut Refly, gerak pemerintahan seharusnya memiliki progres, tidak boleh sama karena berakibat celaka, tetapi juga tidak boleh mundur karena serupa ada dalam neraka.

Artinya, gerak pemerintahan Presiden Jokowi harus bisa lebih maju yang membuahkan prestasi.

Baca Juga: Pesan Megawati untuk Gibran, Bicarakan Kiat Pilkada Solo hingga Achmad Purnomo Sakit Hati

"Kalau kita bicara gerak pemerintahan, dari waktu ke waktu, seharusnya ada progres. Kalau Pemerintahan Jokowi sama dengan Pemerintahan SBY, maka itu celaka. Berbeda bila lebih maju, itulah prestasi. Tapi bila lebih buruk maka itu lebih dari celaka, serupa berada dalam neraka," ungkap Refly Harun dalam pernyataan yang dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari kanal Youtubenya pada Kamis, 06 Juli 2020.

Hanya saja, Refly menyebut belum melihat itu dalam jiwa pemerintah Presiden Jokowi. Lebih lanjut, Refly pun membandingkan dua periode Presiden Jokowi dengan diam-diam mengakui periode pertama memiliki kinerja sedikit lebih baik ketimbang saat ini.

Terbukti, periode pertama Presiden Jokowi memulai tahun pertama dengan rasa percaya masyarakat yang tinggi untuk bisa mengubah sejarah pemerintahan, termasuk menyelesaikan segala masalah.

Baca Juga: Perang Dinasti Politik Ada di Tangerang Selatan, PDI-P dan Gerindra Mesra Lagi usai Pilkada Solo

"Terus terang, saya kok belum melihat ini. Bahkan kalau saya bandingkan dengan era Jokowi pertama, itu sedikit lebih baik dibandingkan era saat ini. Paling tidak starting point tahun pertama, kepercayaan masyarakat pada Presiden Jokowi itu tinggi sekali. Mereka percaya presiden yang baru ini bisa menyelesaikan segala masalah," urai Refly Harun dengan sedikit memuji Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: YouTube


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X