Angkutan Lebaran : Yang Mau Mudik, Damri sudah Jual Tiket Mudik Lebaran. Ini Jumlah Kursi yang tersedia

- 22 Maret 2023, 14:17 WIB
Ilustrasi- Bus DAMRI
Ilustrasi- Bus DAMRI /

 SABACIREBON – Meski puasa baru dimulai hari Kamis 23 Maret 2023, namun DAMRI sudah membuka penjualan tiket bus untuk  angkutan Lebaran tahun 2023 ini. Pemudik yang akan mudik dengan menggunakan jasa bus DAMRI bisa langsung memesan tiket lebih awal.


Penjualan tiket mudik Lebaran sudah dibuka sejak Senin 20 Maret 2023, dengan melakukan berbagai persiapan penyelenggaraan mudik selama periode Angkutan Lebaran 2023.

 Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri, dalam keterangannya yang diterima di Karawang, Jawa Barat, Rabu menyebut, di antara persiapan yang dilakukan DAMRI ialah dengan melakukan kegiatan ramp check (inspeksi keselamatan) armada yang dilakukan sejak Februari hingga Maret 2023 di area Jabodetabek dan beberapa cabang.

Baca Juga: Memakmurkan Masjid : Sebanyak 385 Paket Ayam Gelondongan Pasar Gratis Al Ikhwan Ludes Kurang dari 1 Jam

Untuk kegiatan ramp check di area Jabodetabek, yaitu Kemayoran, Botani Square, Pool DAMRI Bogor, Tipar, dan Pupar.

Sedangkan kegiatan ramp check di cabang digelar di Pontianak, Yogyakarta, Purworejo, Purwokerto, Cilacap, Banjarmasin, Samarinda, Surabaya, Malang, Pamekasan, Makassar, Denpasar, Jember, dan Mataram.

Menurut dia, DAMRI menetapkan masa angkutan Lebaran tahun ini pada H-16 sampai H+16 Lebaran atau 6 April sampai dengan 9 Mei 2023. Tiket keberangkatan mudik dapat dibeli untuk periode dan tanggal tersebut secara online.

Baca Juga: Memakmurkan masjid : Masjid Al Ikhwan kembali Gelar Pasar Gratis, Ratusan Ekor Ayam Disiapkan

Namun, untuk daerah di Indonesia timur dan Kalimantan Utara, pemesanan tiket dapat dipesan melalui loket keberangkatan. Hal tersebut dikarenakan pemesanan melalui online masih sulit dilakukan, karena sinyal yang kurang memadai. Meskipun begitu, DAMRI tetap memproses pencatatannya secara digital.

“Sejauh ini, tiket yang terjual untuk keberangkatan tanggal 6 April sampai dengan 9 Mei 2023 telah terjual lebih dari 1.000 tiket, dengan penjualan terbanyak yaitu rute dari dan menuju Lampung. Angka ini tentunya akan terus bertambah karena penjualan tiket baru dibuka dan masih akan terus berlangsung,” katanya lagi.

Baca Juga: Perkelahian Langka: Sekelompok Emak-emak Terlibat Pekelahian di Jalanan Tepat di Hari Ibu

Menurut dia, DAMRI menyediakan 56 juta kursi yang terdiri dari perjalanan jarak jauh, pariwisata, perkotaan, serta angkutan bandara dengan prediksi penumpang sebanyak 2,5 juta orang.

Dia menyebutkan DAMRI akan terus memantau dan mengevaluasi pergerakan penumpang dengan menyiapkan posko angkutan Lebaran di lingkungan DAMRI yang akan diselenggarakan di Pulau Jawa, yakni Kemayoran, Gambir, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Sementara khusus Pulau Kalimantan, yakni Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin, juga di Pulau Sulawesi yakni Makassar, Manado, dan Gorontalo serta di Pulau Irian yakni Jayapura.

Baca Juga: Inilah, Setidaknya 4 Tanda Perubahan Perilaku Orang yang akan Meninggal, dalam Menghadapi Syakaratul Maut

Fikri mengatakan, untuk mengantisipasi melonjaknya penumpang di masa angkutan Lebaran, DAMRI juga berencana akan menambah kuota tiket dan jumlah perjalanan bus, setelah adanya analisa dan evaluasi terkait dengan dinamika permintaan tiket tersebut.***

 

Editor: Uyun Achadiat

Sumber: Antara


Tags


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x