Sempat Heboh Tuntut Bendera Dibakar, Elektabilitas PDIP Tetap Paling Tinggi hingga Hampir 30 Persen

- 29 Juni 2020, 12:32 WIB
Massa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendatangi Polrestabes Surabaya, Jumat (26/6/2020) .*/Foto Istimewa

PR CIREBON - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sempat menuai kehobahan masyarakat dengan terjadinya aksi pembakaran bendera partai dalam unjuk rasa Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) pada Rabu, 24 Juni 2020 lalu.

Namun rupanya, kehebohan pembakaran bendera itu tidak menurunkan elektabilitasnya. Alih-alih menurun, PDIP justru membuktikan survei partainya memiliki elektabilitas yang justru masih tertinggi di antara deretan partai-partai lain di Indonesia.

Adapun survei elektabilitas PDIP tertinggi ini merupakan hasil survei New Indonesia Research & Consulting.

Baca Juga: Terkenal di Kalangan Prajurit Militer Dunia, Pisau Komando ini Buatan Asli Indonesia

"Elektabilitas PDIP masih tertinggi dan meningkat hingga 29,3 persen, membuktikan bahwa PDIP masih kokoh berada di puncak," ungkap Direktur Eksekutif New Indonesia Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran persnya pada Minggu 28 Juni 2020.

Dalam jejaknya, PDIP telah berkali-kali memecahkan rekor dalam kontestasi Pemilu di Indonesia. Lebih detailnya, PDIP telah tiga kali memenangkan Pemilu sejak era reformasi dengan total suara PDIP pada Pemilu 2019 mencapai 19,3 persen.

Sedangkan mengenai peta partai politik di Indonesia, Andreas memprediksi tidak akan jauh berbeda dengan hasil perolehan suara di Pemilu 2019.

Baca Juga: Hanya Butuh Rp6 Triliun untuk Kuasai Indonesia, Refly Harun: Sudah Kena Semua, Murah Banget

Selain PDIP, dua partai lain menyusul yaitu Gerindra dan Golkar di urutan kedua dan ketiga dengan elektabilitas masing-masing 12,5 persen dan 9,7 persen. Ini pun sesuai dengan perolehan suara sebelumnya hanya terpaut tipis, yaitu 12,6 persen dan 12,3 persen.

Di posisi papan tengah ada PKB (6,8 persen), PKS (5,5 persen), PSI (4,2 persen), NasDem (4,1 persen), Demokrat (3,8 persen), PPP (2,4 persen), dan PAN (1,6 persen). Dalam Pemilu 2019 perolehan suara PKB 9,7 persen, PKS 8,2 persen, PSI 1,9 persen, NasDem 9,1 persen, Demokrat 7,8 persen, PPP 4,3 persen, dan PAN 6,8 persen.

Halaman:

Editor: Khairunnisa Fauzatul A

Sumber: Antara News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X