Tersangka Korupsi Pajak dan Pencucian Uang Diserahkan DJP ke Kejagung, Ini Ancaman Hukumannya

- 28 Oktober 2022, 07:37 WIB
Tersangka korupsi pajak RK saat digiring ke rutan/antara
Tersangka korupsi pajak RK saat digiring ke rutan/antara /


SABACIREBON - Seorang direktur perusahaan jasa keamanan bagi perushaan-perusahaan di Jakarta berinisial RK, menjadi tersangka korupsi penggelapan pajak dan pencucian uang.

Tersangka beserta barang bukti telah diserahkan tim penyidik Direktorat Penegakan Hukum Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan kepada Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Kamis 27 Oktober 2022.

"Tersangka RK diduga kuat melakukan dua tindak pidana sekaligus. Pertama tindak pidana perpajakan dan kedua tindak pidana pencucian uang dengan tindak pidana asal di bidang perpajakan," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Neilmaldrin Noor.

Baca Juga: Ada 4 Tanda Pada Wanita yang Bukan Pasangan Tepat bagi Pria

Dikutip dari Antaranews, usai diserahkan ke Jaksa, tersangka RK ditahan di Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta hingga proses persidangan.

Ia menyebutkan, modus dalam kasus tersebut yakni melalui perusahaan yang dipimpinnya PT LMJ, tersangka RK diduga kuat dengan sengaja tidak menyetorkan pajak yang telah dipungut dengan cara tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT).

Kemudian ia juga dengan sengaja tidak menyetorkan sebagian pajak yang telah dipungut dengan cara hanya melaporkan sebagian penyerahan jasa kena pajak dalam SPT perusahaan miliknya.

Baca Juga: Begini Arti Kencan bagi Pria dan Wanita Menurut Ahli Percintaan

Selain itu ia hanya membayar pajak ke kas negara atas sebagian dari pajak yang telah dipungut oleh perusahaannya.

Atas perbuatannya, dalam kasus ini negara dirugikan hingga Rp 26,9 miliar.

Halaman:

Editor: Andik Arsawijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah