KPK: Kontrol Korupsi Terhadap Papua Agar Masyarakatnya Sejahtera

- 22 September 2022, 11:27 WIB
Kepala Bagian Pembeitaan KPK Ali Fikri./pikiran-rakyat.com
Kepala Bagian Pembeitaan KPK Ali Fikri./pikiran-rakyat.com /

 

 
 
SABACIREBON-KPK merupakan bagian dari masyarakat Papua. KPK hadir sebagai teman dan bukan musuh. Karenanya,  keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di tengah-tengah masyarakat dan para pemangku kepentingan di Provinsi Papua dan Papua Barat semata-mata hanya ingin menjadi teman.

"Teman yang saling mengingatkan dan mengontrol agar pengelolaan Bumi Cenderawasih dilakukan dengan baik, bersih, transparan, dan akuntabel," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, lanjut dia, KPK bergerak untuk menanggulangi persoalan tindak pidana korupsi di Papua.

"Musababnya, dengan segala kemewahan dan besarnya anggaran yang dikelola seharusnya masyarakat bisa mendapatkan manfaat. Tidak ada lagi kasus gizi buruk, pemadaman listrik atau kelaparan. Sudah saatnya masyarakat Papua menikmati kekayaan dari wilayah yang mereka tinggali saat ini," ucap Ali.

 
Baca Juga: Pemda Bisa Beli atau Sewa Mobil Listrik secara Bertahap

Ia mengingatkan bahwa pemberantasan korupsi oleh KPK tidak semata-mata hanya upaya represif melalui penanganan perkara dugaan tindak pidana korupsi. Namun, juga melalui upaya pencegahan dengan perbaikan sistem dan tata kelola guna menutup celah-celah rawan korupsi.

"Dengan demikian kesempatan pihak-pihak tertentu untuk melakukan tindak pidana korupsi menjadi tertutup," ujarnya dilansir dari Antara.

Untuk pengelolaan anggaran, kata Ali, KPK melalui Direktorat Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) aktif memberikan pendampingan mulai dari tahap perencanaan, proses lelang, pelaksanaan, pertanggungjawaban, hingga proses evaluasi.

"Harapannya, proses pengadaan barang dan jasa bisa dilakukan dengan bersih dan akuntabel sehingga bermanfaat bagi masyarakat Papua," kata Ali.

 
Baca Juga: Administrasi Pemecatan Ferdy Sambo Masih Diproses, setelah Rampung Langsung Diserahkan ke Setneg

Bahkan, KPK aktif mengedukasi para mahasiswa di Papua yang akan menjadi generasi penerus bangsa melalui berbagai kegiatan kuliah umum, seperti penanaman nilai-nilai integritas bagi para mahasiswa.

"Nilai yang akan menjadi tameng para mahasiswa kelak jika menduduki jabatan di sektor pelayanan publik. Penanaman nilai integritas tersebut juga diberikan kepada para 'stakeholder' atau para pemangku kepentingan," kata Ali.

Halaman:

Editor: Aria Zetra


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x