Tol Terpanjang di Indonesia, Awalnya Bernama Tol Cigatas Sekarang Tol Getaci, Ini Penyebabnya

- 21 September 2022, 20:17 WIB
Tol Getaci Tol Terpanjang di Indonesia, Lalui Ratusan Desa di Jabar dan Jateng, Pembebasan Lahan? Cek di Sini/foto deskjabar
Tol Getaci Tol Terpanjang di Indonesia, Lalui Ratusan Desa di Jabar dan Jateng, Pembebasan Lahan? Cek di Sini/foto deskjabar /

SABACIREBON-Tol Getaci, jalan tol terpanjang di Indonesia yang rencananya akan segera dibangun, awalnya hanya menghubungkan Bandung-Garut-Tasikmalaya.

Namanya pun saat itu disebut Tol Cigatas yang akan dibangun mulai awal 2023 mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil baru-baru ini. Targetnya, untuk ruas tol Cigatas ini sudah bisa dioperasikan tahun 2024.

Baca Juga: BKN Buka Pendaftaran Pendataan Non ASN, Simak Begini Cara dan Kriterianya

Namun kini rencana pemerintah pusat bertambah. Bukan lagi memghubungkan tiga kota di Jabar tersebut, tetapi langsung tembus ke Cismis dan berakhir di Cilacap Jawa Tengah (Jateng).

Ruas jalan tol ini nantinya diberinama Getaci, singkatan dari nama daerah-daerah yang dilalui. Sehingga namanya kini bukan lagi Cigatas tapi Getaci.

Ruas tol Getaci ini, secara keseluruhan akan dibangun selelesai atau tuntas pada 2029.

Baca Juga: Peingkat Apriyani Siti Fadia Melesat ke 30 Besar Dunia BWF

Seperti diketahui, pembangunan tol Getaci merupakan salah satu proyek strategis nasional. Tak tanggung-tanggung dana pembangunannya dianggarkan Rp 56 triliun.

Halaman:

Editor: Andik Arsawijaya


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x