Hasil Survei SMRC; Kepuasan Terhadap Kinerja Presiden Jokowi Meningkat

- 20 Mei 2022, 19:37 WIB
Harga minyak goreng yang mahal jadi salah satu indikator dalam menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi/pikiran-rakyat.com
Harga minyak goreng yang mahal jadi salah satu indikator dalam menentukan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi/pikiran-rakyat.com /

SABACIREBON-Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan penelitian dalam mencari atau menangkap tingkat kepuasaan msyarakat terhadap pemerintah. Hasilnya, kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo mengalami peningkatan. Hasil penelitian SMRC ini berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan Lembaga Survei Barometer. Justru menurut lembaga ini, terjadi penurunan dalam tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah.

Baca Juga: Presiden Direktur Alfamart Diperiksa Kejaksaan Agung, Sebagai Saksi Pemberian Fasilitas Ekspor CPO

Masyarakat tidak puas ke pemerintah dalam penanganan penyelesaian harga minyak goreng yang mahal. Juga tidak puas dalam penyaluran BLT terutama menyangkut distribusi minyak goreng kepada kelompok yang tepat sasaran.

Masyarakat juga tidak puas atas penanganan lapangan pekerjaan dan penyelesaian pengangguran.

Rentetan penanganan minyak goreng merembet kepada dugaan adanya mafia minyak goreng. Survei SMRC mencatat terjadi peningkatan kepuasan 11,2%, menjadi 76,7%.

Sebelumnya, kepuasaan terhadap kinerja Presiden hanya 65,5%. Hasil yang sebaliknya dipaparkan lembaga survei Indikator Politik. Saat ini terjadi penurunan atas kinerja Presiden Jokowi.

Dalam survei bulan April, masih ada 64% responden yang menyatakan puas, untuk survei bulan Mei turun menjadi 58%.

Baca Juga: Cacar Monyet Endemi Afrika, Sudah Menyebar ke Eropa, Inggris Menawarkan vaksin

Survei terakhir Indikator Politik di periode 5-20 Mei 2022. Sedangan oleh SMRC 10-12 Mei.

Halaman:

Editor: Aria Zetra

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x