Benarkah Suhu Panas Berakhir Pertengahan Mei Ini?, WMO: Suhu Panas Bukan Gelombang Panas

- 15 Mei 2022, 13:05 WIB
Suhu Panas Diperkirakan Berakhir Pertengan Mei Ini, WMO: Suhu Panas Bukan Gelombang Panas/foto ilustrasi IG @ngopibareng id
Suhu Panas Diperkirakan Berakhir Pertengan Mei Ini, WMO: Suhu Panas Bukan Gelombang Panas/foto ilustrasi IG @ngopibareng id /

SABACIREBON - Peningkatan suhu panas dalam sepekan terakhir diingatkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menyusul hawa atau suhu panas yang terjadi, BMKG kembali mengimbau warga untuk mewaspadai dampak yang ditimbulkannya.

Kondisi suhu panas ini berpotensi bisa terjadi hingga pertengahan Mei 2022 ini.

Baca Juga: Piala Thomas : Waah…Ginting, Ahsan/Kevin, dan Rhustavito Pernah Kalah oleh Calon Lawannya

"Diimbau untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto awal pekan lalu dikutip dari http//:antaranews.co.id, Minggu 15 Mei 2022.

Ia menyebutkan, fenomena panas terik yang terjadi beberapa hari terakhir dipicu beberapa hal. Diantaranya posisi semu matahari saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator yang mengindikasikan bahwa sebagian wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim kemarau.

Pada kondisi ini, lanjutnya, tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujan akan sangat berkurang, sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

Baca Juga: Bagnaia Rebut Pole, Quartararo Meleset dari Barisan Depan

Dominasi cuaca yang cerah dan tingkat awan yang rendah tersebut dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan Bumi. Sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x