Masih Butuh Waktu Lama untuk Temukan agen Penyebab Hepatitis Akut Misterius

- 13 Mei 2022, 10:34 WIB
Kasus hepatitis akut misterius menyebabkan kerusakan permanen pada hati penderita./pikiran-rakyat.com
Kasus hepatitis akut misterius menyebabkan kerusakan permanen pada hati penderita./pikiran-rakyat.com /

SABACIREBON-Kalangan praktisi kesehatan masih terus mencari penyebab penyakit hepatitis akut pada anak. Terutama anak-anak usia 16 tahun ke bawah. Karena tetap belum ditemukan penyakit disebut sebagai hepatitis akut misterius.

Penyakit hepatitis akut misterius ini berbeda dengan hepatitis yang disebabkan virus hepatitis A,B,C,D dan E. Namun karena berbeda dan misterius,  sementara itu belum diketahui etiologi atau penyebabnya, berbagai spekulasi bermunculan.

Ada yang mengkaitkan dengan kejadian pandemi Virus Covid 19. Terutama dengan vaksinnya. Atau reaksi lanjutan pasca Vaksin Covid 19.

Baca Juga: Share HOAX Catut Wapres KH Ma’ruf Amin Sholat Jenazah Pakai Rukuk, MUI Sulsel Sebut Itu Dosa

Berbagai pakar kesehatan terus melakukan upaya untuk mencari penyebab berkembangnya wabah penyakit ini, sehingga organisasi kesehatan dunia atau WHO memberikan perhatian khusus dan menetapkan kejadian luar biasa atas penyakit ini.

Penyakit ini telah menyebar di 20 negara dengan kasus kejadian mendekati 400 penderita hepatitis. Di Indonesia menimbulkan kematian pada 6 anak. Penyakit ini juga menyebabkan kerusakan permanen pada hati, sehingga membutuhkan transplantasi hati atau penggantian hati penderita lewat cangkok hati.

Tetap masih misterius

Adenovirus dan SARS CoronaVirus 2 dicurigai menjadi awal penyebab merebaknya virus Hepatitis Misterius. Menurut peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dua kemungkinan itu memang kandidat kuat, tetapi ada permasalahan lain yang kemungkinan menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Info Loker Mei 2022, Lowongan Kerja Minimal Lulusan SMA di BUMN PT Angkasa Pura Hotels, Ini Link Daftarnya

Halaman:

Editor: Aria Zetra


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x