Hujan akan Melanda Beberapa Daerah di Indonesia, Perairan Harus Mewasdai Gelombang Tinggi

- 12 Mei 2022, 12:45 WIB
Hujan. Hujan dan gelombang akan terjadi di beberapa daerah dan pantai Indonesia./pikiran-rakyat.com
Hujan. Hujan dan gelombang akan terjadi di beberapa daerah dan pantai Indonesia./pikiran-rakyat.com /

 

 
 
SABACIREBON-Cuaca mendung di wilayah Bandung dan sekitarnya, merupakan serangkaian dari potensi hujan yang melanda beberapa daerah di Indonesia.
 
Hujan yang turun di Bandung dalam 10 hari belakangan ini, memiliki potensi untuk terulang lagi, sehingga diminta masyarakat waspada
 
Di kota Bandung terdapat beberapa lokasi yang bisa menimbulkan banjir lokal dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Huja besar yang disertai petir ini juga sering menimbulkan kematian listrik.
 
 
Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang termasuk beberapa daerah di Jawa, Kalimantan dan Sumatera.
 
Jakarta pada Kamis, diprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.
 
Antara mengutip BMKG mengingatkan hujan dengan intensitas lebih ringan berpotensi turun di wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta dan Bali.
 
Baca Juga: Piala Uber : China Unggul atas Indonesia, Bilqis Memaksa HE BJ untuk Bermain Rubber Set

Terdapat juga potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

 
Riau menjadi daerah yang berpotensi mengalami angin kencang pada hari ini.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di Jakarta Selatan pada siang dan malam hari. Hujan ringan juga dapat terjadi wilayah Jakarta Timur pada siang hari ini.

 
Baca Juga: Tembus 3.724.864 Penonton, Maaf Film KKN di Desa Penari Kalahkan Film Doctor Strange dari Marvel

BMKG juga mengingatkan beberapa daerah masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir yaitu di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.


BMKG juga meminta untuk mewaspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Enggano - Lampung, dan Samudra Hindia Barat Sumatra.

Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa - Pulau Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian Selatan, serta Samudra Hindia Selatan Jawa - Sumba.

 
Baca Juga: Jordi Amat dan Sandy Walsh Akan Tiba di Jakarta, Ketua PSSI: Proses Naturalisasi Dikebut

Di bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau selalu waspada.***

Editor: Aria Zetra

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x