Tenaga Medis Wajib Tahu, Berikut Pedoman Menangani Jenazah Terinfeksi Covid-19

- 5 April 2020, 07:30 WIB
PETUGAS pemakaman menurunkan peti jenazah pasien virus corona di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Senin 30 Maret 2020.*

PIKIRAN RAKYAT – Pandemi virus corona Covid-19 menyisakan banyak duka mendalam di seluruh penjuru dunia. Sebab virus tersebut merupakan jenis penyakit baru dan sangat menular.

Sudah banyak korban berjatuhan, sampai pada titik menemui ajalnya. Kematian yang disebabkan oleh pandemi corona menyisakan teka-teki yang banyak menjadi pertanyaan setiap orang.

Ada banyak informasi yang salah menyebar di banyak platform media terkait dengan prosedur yang benar pengurusan dan pemakaman jenazah yang positif virus corona.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Cirebon, 05 April 2020: Sore, Panguragan dan Pekalipan akan Diterpa Hujan

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari situs Boldsky, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga di India membuat pedoman tertentu untuk manajemen dan pemakaman jenazah orang yang telah meninggal karena Covid-19.

Pedoman untuk Tenaga Kesehatan

Mematuhi kebersihan tangan saat mengurus jenzah. Pakailah pelindung seperti sarung tangan, masker wajah, dan kacamata untuk mencegah masuknya cairan tubuh yang menular.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Sukarelawan di Cirebon Sediakan Layanan Gratis Semprot Disinfektan

Alat atau instrumen disinfektan yang digunakan selama perawatan pasien Covid-19 adalah esinfeksi area dan permukaan sekitar untuk menjaga lingkungan yang higienis.

Jika ada kerusakan pada kulit atau luka, kenakan sarung tangan tugas berat di atas yang normal. Kenakan baju panjang, bersih, dan tahan air saat menangani jenazah COVID-19.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X