Cek Fakta: Benarkah Alat Pelindung Diri dari Tiongkok Dibeli dengan Uang Pribadi Prabowo Subianto?

- 25 Maret 2020, 18:54 WIB
MISLEADING beredar narasi yang menyebut bahwa APD dari Tiongkok dibeli dengan uang pribadi Menhan Prabowo Subianto.* /Turn Back Hoax

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan 12 ton alat kesehatan dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok untuk penanganan Coronavirus melalui Ketua Gugus Tugas Coronavirus, Doni Munardo.

Alat kesehatan yang diterima Prabowo ini antara lain tutup kepala, sepatu, kacamata, masker, Alat Pelindung Diri (APD), dan lainnya guna menunjang fasilitas kesehatan untuk penanganan virus corona.

Dalam situasi seperti ini, sejumlah alat kesehatan yang telah diterima dari Tiongkok akan segera didistribukan ke rumah sakit yang menjadi rujukan untuk menanganai Covid-19.

Baca Juga: Sang Ibunda Wafat, Presiden Joko Widodo Langsung Bertolak ke Solo

Setelah kabar terkait bantuan alat kesehatan dari Tiongkok yang diterima langsung Menhan Prabowo Subianto mencuat ke permukaan, baru-baru ini beredar kabar menyebut APD yang diterima Indonesia bukan bantuan dari Tiongkok melainkan hasil dari pembelian pribadi Prabowo Subianto.

Kabar yang beredar melaui laman Facebook Bambang Irawan Al Akbar, memperlihatkan sebuah foto Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama jajaran menteri lainnya tengah menerima alat kesehatan dari Tiongkok disertai dengan narasi yang mengikutinnya.

loading...

APD yg baru datang dari China di angkut dengan Pesawat TNI itu. Ternyata atas inisiatif dan dibeli pakai uang pribadi Prabowo,” unggah akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar seperti dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari tangkapan layar.

Baca Juga: Ibunda Presiden Joko Widodo Sujiatmi Notomiharjo Meninggal Dunia di Solo

Selain itu, akun Facebook Bambang Irawan Al Akbar  juga menambahkan narasi yang cukup kontroversial seperti mendukung narasi sebelumnya yang menyatakan Prabowo atas inisiatifnya membeli alat kesehatan menggunakan uang sendiri.

"Menteri Pertahanan Republik Indonesia itu top markotop, rehab kantor uang sendiri, mobil dinas pakai mobil sendiri. Beli peralatan dan obat virus corona juga pakai uang sendiri,

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X