Cek Fakta: Benarkah Purwokerto Masuk Zona Merah? Tinjau Penuturan Bupati Banyumas

- 25 Maret 2020, 10:57 WIB
ILUSTRASI karantina, isolasi corona, COVID-19.*


PIKIRAN RAKYAT - Sebagai bentuk tanggap wabah virus corona, website pernyebaran Covid-19 mulai dibuat sejumlah pemerintahan daerah, termasuk Jawa Tengah.

Website dengan nama 'Jawa Tengah Tanggap Covid-19' ini, memiliki fungsi yang hampir sama dengan kebanyakan website daerah lainnya, yaitu menampilkan peta sebaran serta memperlihatkan data tracking jumlah pasien ODP, PDP hingga dikonfirmasi positif.

Berdasarkan pantauan dari website Monitoring Data Covid-19 Jateng, sebanyak 2.858 orang masih dalam masa penanganan dengan status pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Baca Juga: Kemendag Terbitkan Regulasi Percepatan Impor APD untuk Tangani Covid-19

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memutus rantai penyebaran di Jawa Tengah dengan menyiapkan gugus depan penanganan virus corona, sebab situasi kota Jawa Tengah yang kemungkinan dipadati pemudik, akan berisiko tinggi terjadinya penyebaran.

Berkenaan dengan hal ini, baru-baru ini beredar tangkapan layar peta sebaran terinfeksi Covid-19 di Kota Purwokerto, masuk dalam kategori Zona Merah yang berarti banyak ditemukan pasien positif corona.

loading...

Kabar yang beredar melalui media sosial Facebook dan pesan berantai Whastapp ini, berisi sebuah unggahan yang disertai tangkapan layar berupa peta yang bertuliskan zona merah virus, dan membuat sejumlah masyarakat percaya dan ikut menyebarkan unggahan tersebut.

Baca Juga: Gunakan Bahasa Sunda, Game Valthirian Arc Hero School Story Resmi Rilis di Indonesia

Dari tangkapan layar yang beredar, beberapa wilayah yang dikelilingi garis zona merah antara lain Jalan dr Suharso, Jalan dr Angka dan Jalan Soeparno Selatan.

Guna meluruskan informasi yang tidak sesuai dengan fakta, Bupati Banyumas pun angkat bicara.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X