Sepanjang Tahun 2019, Berkah Remisi 34 Warga Binaan Lapas Cikarang Langsung Menghirup Udara Bebas

- 28 Februari 2020, 15:46 WIB
ILUSTARSI anak warga binaan LPKA Kelas II Bandung.*/DOK. PR

PIKIRAN RAKYAT - Sejumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menerima pengurangan masa tahanan atau remisi sepanjang tahun 2019.

Tercatat dari 1.969 orang yang menerima remisi tersebut, 34 warga binaan di antaranya langsung menghirup udara bebas.

Diketahui, pemberian remisi dibagi dalam dua jenis, yakni remisi umum yang dibagikan pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan remisi khusus saat hari besar keagamaan.

Baca Juga: Tak Hanya mengatur Cabang Olahraga, KONI Kini Melaksanakan Indonesia Maraton

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Kantor Berita Antara, Kepala Lapas Cikarang Nur Bambang Supri Handono di Cikarang, pada Jumat 28 Februari 2020, mengatakan remisi merupakan salah satu sarana hukum yang penting dalam mewujudkan tujuan sistem pemasyarakatan.

"Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap warga binaan pemasyarakatan yang taat selama menjalani pidana, disiplin, produktif, dan dinamis," ujar Bambang.

Bambang mengaku remisi menjadi salah satu program yang kini ditekankan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Selain itu dengan adanya pemberian remisi terhadap warga binaan, dinilai sebagai sebagai salah satu solusi pengurangan beban warga binaan di lapas yang kini jumlahnya telah melebihi kapasitas.

Baca Juga: Soal Penghentian Layanan Umrah oleh Arab Saudi, Menlu Retno Marsudi: Banyak yang Telanjur Terbang

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Antara

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X