Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut Misterius di Kota Cirebon, Dinkes Ingatkan Jaga Kebersihan Makanan

- 13 Mei 2022, 18:21 WIB
Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut Misterius di Kota Cirebon, Dinkes Ingatkan Jaga Kebersihan Makanan/humas pemkot cirebon
Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut Misterius di Kota Cirebon, Dinkes Ingatkan Jaga Kebersihan Makanan/humas pemkot cirebon /

SABACIREBON – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, H. Edy Sugiarto, memyebut, pihaknya mewaspadai kemungkinan menyebarnya penyakit hepatitis akut misterius di Kota Cirebon.

"Apalagi penyakit ini belum diketahui penyebabnya.Di mana hepatitis akut misterius ini berbeda dengan hepatitis A, B, C, D, dan E," katanya, Jumat 13 Mei 2022.

Ia menyebutkan, hasil pemeriksaan laboratorium, pada kasus hepatitis akut misterius ini, ternyata tidak ditemukan adanya virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E.

Baca Juga: Soal Hepatitis, DPR RI Minta Kemendikbud Keluarkan Surat Edaran Pencegahan di Sekolah

“Berdasarkan penelitian sementara, penyakit hepatitis akut misterius ini lebih banyak menyerang anak-anak usia di bawah 16 tahun, karena orang dewasa lebih memiliki kekebalan tubuh,” ungkapnya.

Menurutnya, hingga kini penyakit ini belum diketahui dengan pasti penyebabnya. Namun dugaan sementara penyakit ini berasal dari makanan dan minuman yang tidak terjamin kebersihannya.

“Ada beberapa gejala awal pada penyakit hepatitis akut misterius ini. Di antaranya seperti mual, muntah, diare berat, demam, mata kuning, kejang sampai penurunan kesadaran,” tuturnya.

Baca Juga: Hasil SEA Games 2021 Indonesia vs Filipina Skor 4-0, Berikut Klasemen Sementara Cabang Sepak Bola

Perihal penularan hepatitis akut misterius ini, sambungnya, virus masuk melalui oral atau mulut yang kemudian masuk ke rongga dan hati.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: Humas Pemkot Cirebon


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x