Terbukti Memiliki Kontribusi yang Jelas, PNS Diimbau Bayar Zakat Lewat Baznas

- 22 Mei 2020, 20:25 WIB
FOTO Bersama Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Ety Herawati bersama pengurus BAZNAS pada Kegiatan Keteladanan Pimpinan Daerah Bayar Zakat.* /Humas Pemkot Cirebon

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon Jawa Barat mendorong jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayahnya untuk membayar zakat, infaq, dan sedekah di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), karena terbukti memiliki kontribusi yang jelas kepada masyarakat di Kota Cirebon.

Hal itu dikatakan Dra. Hj. Eti Herawati saat memberikan sambutan Kegiatan Keteladanan Pimpinan Daerah Bayar Zakat yang diselenggarakan oleh Baznas Kota Cirebon pada Jumat, 22 Mei 2020.

“Ada banyak kebutuhan mendesak di masyarakat yang tidak bisa dipenuhi oleh dana APBD, maka Baznas bisa menutup hal tersebut,” katanya.

Baca Juga: Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1441 H, Hari Raya Idulfitri Jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020

Eti menuturkan, salah satu kebutuhan mendesak di masyarakat yang kerap terjadi adalah musibah yang menimpa beberapa orang seperti rumah ambruk dan lain sebagainya, dan hal tersebut tidak bisa dibantu dari dana APBD.

“Kami mendorong kawan-kawan ASN bayar zakat, infaq dan sedekah di Baznas, karena bisa membantu warga yang membutuhkan,” tuturnya.

Pada saat yang sama, Ketua Baznas Kota Cirebon M. Taufik mengungkapkan, potensi zakat di Kota Cirebon untuk zakat fitrah bisa mencapai Rp 10,5 miliar, sedangkan untuk potensi zakat profesi jika berdasar pada jumlah ASN yang ada di Kota Cirebon bisa mencapai Rp 400 juta per bulan.

Baca Juga: Ribuan Botol Miras Dilindas Alat Berat, Bentuk Konsistensi Polresta Cirebon untuk Masyarakat

Jumlah tersebut tentu cukup besar jika dialokasikan untuk sektor sosial, seperti membantu keluarga kurang mampu dan masyarakat yang membutuhkan.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X