Pandemi Virus Corona Landa Cirebon, Bupati Gelar Pelantikan 492 ASN Berbasis Virtual

- 3 April 2020, 21:14 WIB
Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi Menjelaskan Pasca Pelantikan, yang dilakukannya menggunakan sistem virtual/teleconference.* /PR/ EGI SEPTIADI
 
PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 492 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, dilantik Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi menggunakan sistem virtual atau teleconference pada Jumat 3 April 2020.
 
Berdasarkan pantauan PikiranRakyat-Cirebon.com, langkah ini dilakukan Pemda setempat sebagai langkah sosial distancing dalam masa pandemi virus corona sekarang ini.
 
Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan secara langsung oleh Bupati Cirebon sebagai simbolis terhadap 1 Pejabat Eselon II B yang berpusat di Kantor Setda Bupati di Gedung Nyi Mas Gandasari Kabupaten Cirebon.
 
 
Sedangkan, sisanya sebanyak 491 ASN, mengikuti dari 33 SKPD dan 40 kecamatan yang dilaksanakan secara virtual atau teleconference melalui layar projector.
 
Imran Rosyadi mengatakan, meski menggunakan sistem virtual atau teleconference, pelantikan tersebut tetap sesuai prosedur, serta meminta izin pada Menpan dan Menteri Dalam Negeri.
 
"Tadinya jadwal pelantikan ini akan dilakukan tanggal 1 April 2020, cuma karena pandemi corona, jadi terpaksa kami undur lagi. Ternyata di tanggal 1 April 2020, ada pejabat yang pensiun, sehingga sekalian langsung diisi, jangan sampai kosong," kata Imron di ruang kerjanya.
 
 
Namun disisi lain, pelantikan tersebut juga merupakan kepentingan yang sangat mendesak terkait roda pemerintahan di Kabupaten Cirebon. Sehingga, serapan anggaran dan kinerja SKPD tidak maksimal, termasuk penanganan penyebaran virus corona (covid-19).
 
Imran melanjutkan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di tengah-tengah keprihatinan ini dilakukan dalam menghadapi penyebaran virus Corona Covid- 19.
 
"Dalam kesempatan ini juga, ada beberapa hal yang akan saya tegaskan kepada seluruh pejabat yang baru di lantik," ungkapnya.
 
 
Pertama, para pejabat yang baru dilantik di harapkan supaya langsung bertugas di tempatnya masing-masing.
 
Di tempat yang baru selain melaksanakan tugas pokok dan fungsi, segera bahu membahu dengan pihak manapun untuk sama-sama menangani penyebaran virus Corona Covid-19.
 
Kedua, memperhatikan social distancing. Dilarang melakukan kegiatan pisah sambut, syukuran atau lainya, yang berpotensi terjadi kerumunan massa.
 
 
Lalu, melaksanakan tugas dengan penuh integritas dan tanggung jawab, disertai niat ibadah karena pada hakekatnya ini bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.
 
"Dan yang ketiga, di manapun saudara bertugas, layani masyarakat dengan baik, patuhi aturan, disertai ikhtiar dan berdoa karena itu yang akan membawa keselamatan di dunia dan akherat," jelasnya.
 
Imran menambahkan, atas nama pimpinan daerah dan seluruh jajaran pemerintah daerah, pihaknya mengucapkan selamat bekerja kepada para ASN yang baru saja dilantik.
 
 
"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan petunjuk kepada kita sekalian untuk mencapai sukses yang lebih besar," harap Imron.
 
Dalam acara tersebut, tampak hadir Sekda Rahmat Sutrisno, Kapolresta  Cirebon Kombes Pol. M. Syahduddi, Dandim 0620. Letkol Arh. Adhi Kurniawan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tommy Kristanto, dan Ketua DPRD kabupaten Cirebon, M. Luthfi.***

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X