Lewat Patungan, Pemuda di Cirebon Semprotkan Disinfektan untuk Cegah Virus Corona

- 31 Maret 2020, 20:01 WIB
Kegiatan Penyemprotan Cairan Disinfektan, oleh para pemuda di Desa Lebak Mekar Kabupaten Cirebon.*
PIKIRAN RAKYAT - Merebaknya virus corona Covid-19 di sejumlah daerah, khususnya di Cirebon, membuat warga semakin aktif melakukan penyemprotan cairan disinfektan. 
 
Seperti para pemuda yang tergabung dalam Buah Bedul Kidul, Desa Lebak Mekar, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, Mereka bahu membahu menyemprot sejumlah titik lokasi seperti fasilitas umum dan rumah warga, Senin 30 Maret 2020.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun PikiranRakyat-Cirebon.com, para pemuda tersebut bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus yang telah menelan banyak korban jiwa.
 
 
Penyemprotan pertama dilakukan di sejumlah fasilitas umum seperti masjid dan mushola hingga kerumah warga.
 
"Penyemprotan ini kita lakukan secara swadaya, hasil dari patungan. Ini adalah ikhtiar kita untuk mencegah penyebaran virus corona yang penyebarannya begitu cepat," tutur Mahmud.
 
Mahmud menambahka, gerakan ini diusung ia dan rekan-rekannya untuk sekaligus mengedukasi warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan.
 
 
"Bukan hanya sekedar masalah corona saja. Kebersihan juga untuk menjaga kesehatan kita agar terhindar dari bebagai macam penyakit," ungkapnya.
 
Selain itu, gerakan ini juga bertujuan menggugah kepedulian para generasi milenial terhadap persoalan yang muncul di tengah masyarakat.
 
"Kita sebagai pemuda tentu harus menjadi promotor gerakan sosial. Pemuda tidak boleh abai, apalagi terhadap persoalan yang mengancam jiwa manusia, seperti wabah corona saat ini," tegas Koodinator Baraya Buah Bedul Kidul tersebut.
 
 
Inisiatif para pemuda ini untuk mencegah virus corona dengan menyemprotkan disinfektan ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat.
 
"Kita mengapresiasi adanya penyemprotan disinfektan yang dilakukan para pemuda ini. Ini menujukkan bahwa para pemuda memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat," kata Kang Parjo, tokoh masyarakat setempat.
 
Parjo berharap, adanya penyemprotan disinfektan ini dilakukan agar tidak ada satupun warga yang terjangkit virus corona ditempatnya.
 
 
"Semoga wabah corona ini bisa secepatnya teratasi dan tidak ada warga Desa Lebak Mekar yang terjangkit corona," tutupnya.***

Editor: Tyas Siti Gantina


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X