Cegah Virus Corona di Tempat Ibadah, Banser Cirebon Semprot Disinfektan di Masjid-masjid

- 26 Maret 2020, 21:05 WIB
Banser Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, bersama peengkat desa saat akan melakukan aksi penyemprotan cairan disinfektan.* DOK BANSER
 
 
 
PIKIRAN RAKYAT - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, melakukan aksi tanggap cepat sebagai langkah ikhtiar pencegahan virus corona (Covid-19).
 
Langkah itu diwujudkan bersama perangkat desa setempat, dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah sarana ibadah dan fasilitas umum Selasa 24 Maret 2020.
 
Ketua Banser Kecamatan Greged yang diwakili Bagana Greged, Heru Santoso mengatakan langkah aksi tanggap cepat merupakan ikhtiar pencegahan, dengan penyemprotan disinfektan.
 
 
"Dengan langkah ini kami sebagai Banser harus ikut serta dalam melakukan pencegahan dan membantu pemerintah kecamatan greged dan desa setempat," katanya kepada PikiranRakyat-Cirebon, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Heru menjelasna bahwa di desanya sendiri ada beberapa sasaran yang menjadi titik lokasi penyemprotan, yaitu enam tempat ibadah, terdiri dari tiga masjid dan ada tiga mushola.
 
Sedangkan madrasah ada satu tempat, di tambah sekolah umum ada satu tempat. "Dengan itu kami membagi beberapa kelompok, masing masing ada empat orang dalam tugas penyemprotan ini," ucap dia.
 
 
Selain itu, sebelum proses penyemprotan disinfektan Banser memberi arahan penanggulangan pencegahan virus corona terhadap masyarakat dan dilanjutkan smua anggota banser membersihkan karpet.
 
"Kami juga menggulung karpet yang sebelumnya kami bersihkan terlebih dengan alat pembersih debu," tambahnya.
 
Heru sebagai tokoh muda masyarakat Desa Gumulunglebak sangat terbantu dengan kesiapan anggota Banser. Menurutnya Banser selalu siap, sigap dan cepat soal wabah virus covid19 ini.
 
 
“Sesuai dengan intruksi pemerintah, mulai Selasa kemarin secara serentak melaksanakan desinfektan di ruang publik, tempat ibadah, pendidikan, tempat umum hingga sampai dengan tingkat RT untuk pencegahan," tuturnya.
 
Dirinya pun mengajak seluruh pemuda dan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Ia juga mengimbau pada para pemuda agar jangan ada rasa ketakutan  tentang virus covid-19 yang membuat daya imun turun.
 
"Kita sama sama ikhtiar secara medis maupun do’a, biar kita semua terhindar dari wabah ini. Untuk penyediaan alat dan bahan  disinfektan telah di sediakan dari swadaya anggota banser dan sebagian dipasok dari pihak kecamatan dan desa setempat" tutur heru.***
 

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X