Pemerintah Wacanakan jadi Kota Wisata, Kepala Kesbangpol: Narkoba Bakal Mudah Masuk ke Kota Cirebon

- 21 Februari 2020, 15:54 WIB
Kota Cirebon.* /PR/EGI SEPTIADI

PIKIRAN RAKYAT - Target pemerintah Kota Cirebon menjadikan kotanya sebagai kota wisata, bakal jadi sasaran empuk aktivitas penyalahgunaan narkoba

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Cirebon Dalhari mengatakan, dengan menjadikannya menjadi tujuan wisata, akan membuat banyak warga yang berkunjung dari berbagai daerah bahkan negara ke Cirebon.
 
 
"Ini tentunya akan berdampak pada keamanan wilayah, salah satunya narkoba akan mudah dilakukan di Kota Cirebon ini," kata Dalhari, Jumat 21 Februari 2020.
 
Kesbangpol tengah membahas untuk mengantisipasi hal tesebut, pihaknya menyebut diperlukan adanya tim pengawas atau P4GN yang tergabung di dalamnya beberapa unsur, seperti kejaksaan, Polri, TNI, pemerintah, SKPD, dan masyarakat.
 
 
"Ini perlu dilakukan segera mengingat di daerah Kabupaten Cirebonnya sendiri, polisi sudah menyatakan wilayah hukumnya darurat narkoba," tambah Dalhari.
 
Tidak menutup kemungkinan, kondisi serupa juga bisa terjadi kedepannya di Kota Cirebon, karena lokasinya sendiri sebelahan dengan Kabupaten Cirebon.
 
 
"Kami tengah membahas soal ini, target di bulan Maret tim P4GN ini, mau di bahas dan bisa terbentuk, bekerjasama dengan pihak BNN Cirebon juga nantinya sebagai tim utamanya," jelas Dalhari.
 
Kesbangpol belum bisa menentukan besaran anggaran dalam pembentukan tim tersebut, namun Kesbangpol Kota Cirebon sendiri sudah memiliki konsep terkait hal tersebut.
 
 
Disamping itu juga, Kota Cirebon kedepan harus memiliki komitmen bersama, antara kelurahan dan kecamatan dengan jargon bersih dari narkoba atau 'Bersinar'.
 
"Untuk 'Bersinar' ini, ini adalah langkah panjang sehingga perlu pengkajian lebih mendalam karena tidak mudah," pungkas Dalhari.***


Editor: Tyas Siti Gantina

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X