Pola Makan yang Tepat untuk Meringankan Gejala Menopause

- 14 Mei 2024, 21:18 WIB
Ilustrasi Kesehatan
Ilustrasi Kesehatan /Bing/Image Creator

SABACIREBON - Perubahan pola makan dapat memberikan dampak positif pada gejala menopause. Dokter menyarankan untuk fokus pada makanan bervariasi yang mendukung kesehatan tulang dan jantung, mirip dengan gaya makan Mediterania.

Makanan seperti ikan berminyak, biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayuran, lemak baik seperti alpukat dan minyak zaitun, serta protein dan susu dapat membantu menjaga kesehatan selama menopause.

Suplemen vitamin D dan mungkin magnesium juga direkomendasikan untuk mengatasi masalah seperti insomnia selama menopause.

Baca Juga: Studi Ungkap Hubungan antara Diskriminasi dan Penuaan Dini

Selain lemak baik, makanan fermentasi seperti kimchi dan asinan kubis yang mengandung bakteri probiotik dapat membantu keseimbangan mikrobioma usus.

Ide-ide kreatif untuk memasukkan makanan fermentasi dalam makanan sehari-hari juga disarankan, seperti menambahkan kefir dan asinan kubis ke dalam adonan pancake sarapan.

Bumbu rempah-rempah seperti kayu manis, kunyit, cabai, dan jahe segar juga dapat bermanfaat dalam menurunkan gula darah, mengurangi peradangan, meningkatkan metabolisme, dan mengatasi mual.

Baca Juga: Pekerja Shift Malam Rentan Kena Diabetes dan Obesitas

Sayuran dengan beragam warna disarankan untuk mendapatkan nutrisi yang beragam, antioksidan, vitamin, dan mineral yang diperlukan.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah