Berikut Ini Upaya Pencegahan Flu dan Batuk di Musim Pancaroba

- 4 Januari 2024, 20:05 WIB
Pancaroba Siap Datang, Cegah Flu Batuk dengan Cara Ini
Pancaroba Siap Datang, Cegah Flu Batuk dengan Cara Ini /Freepik/Seva Levytskyi

 

SABACIREBON - Musim pancaroba seringkali menjadi penyebab maraknya kasus flu dan batuk. Perubahan cuaca yang tidak menentu dapat merugikan sistem kekebalan tubuh, sehingga langkah pencegahan dan penanganan menjadi sangat penting.

Salah satu langkah pertama yang dapat diambil adalah cukup beristirahat. Waktu tidur yang cukup memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan, yang krusial dalam melawan infeksi.

Selain itu, konsumsi makanan tertentu dapat membantu meringankan gejala flu dan batuk. Makanan yang kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti buah jeruk, beri, sayuran hijau, jahe, pisang, teh hangat, serta sup ayam, dapat memberikan dukungan nutrisi yang diperlukan.

Baca Juga: Muncul Kasus Flu Burung di Subang, Pemkab Kuningan Lakukan Ini untuk Antisipasi 

Penting juga untuk memperhatikan kebutuhan cairan tubuh. Mengonsumsi cukup air membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan. Cairan yang cukup juga membantu mengatasi gejala pilek, membuat lendir lebih mudah dikeluarkan.

Penggunaan pelembap udara juga dapat menjadi solusi efektif. Udara kering dapat memperparah iritasi pada tenggorokan dan saluran pernapasan. Dengan meningkatkan kelembaban udara, pelembap dapat membantu meredakan gejala batuk dan hidung tersumbat.

Terkait dengan obat-obatan, penggunaan obat dengan kandungan paracetamol seperti CTM, pseudoephedrine HCI, dan guaifenesin dapat membantu meredakan gejala flu dan batuk. Meski demikian, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi obat tertentu.

Baca Juga: Flu Burung H5N6 Melanda China, Timbulkan Kekhawatiran dan Diklaim Mudah Menular ke Manusia

Halaman:

Editor: Nurhidayat

Sumber: halodoc.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah