Kepulauan Mentawai Kembali Diguncang Gempabumi Magnitudo 5.0 Terjadi Pagi Ini

- 21 September 2022, 06:26 WIB
Tanda bintang pada gambar tersebut menandakan posisi pusat gempabumi yang melanda Kepualaua Mentawai pada Rabu pagi 21 September 2022
Tanda bintang pada gambar tersebut menandakan posisi pusat gempabumi yang melanda Kepualaua Mentawai pada Rabu pagi 21 September 2022 /BMKG/

 

SABACIREBON - Gempabumi kembali mengguncang Kepulauan Mentawai dengan kekuatan magnitudo 5.0, Rabu 21 September 2022 pagi ini pukul 05:25:01 WIB.

Menurut BMKG, gempabumi tersebut berada pada kedalaman10 km dengan lokasi 144 km Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada koordinat 1.17 lintang selatan (LS) dan 9857 bujur timur (BT)

Gempabumi tersebut tidak berpotensi Tsunami. Namun demikian warga masyarakat sekitar tetap waspada terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Sebelumnya,  pada 11 September 2022 Kepulauan Mentawai juga dilanda gempabumi berkekuatan magnitudo 5.6.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa tersebut terjadi pada kedalaman 11 Km dengan posisi 1.04 Lintang Selatan (LS) dan 98.55 Bujur Ttimur (BT)

Pusat gempa berada di laut sejauh156 km barat laut Kepulauan Mentawai.

Getaran gempa dengan skala IV MMI dirasakan di Siberut Utara, III MMI di Tuapejat, II - III MMI di Pasaman Barat, dan II - III MMI di Padang.

Kemudian getaran II - III MMI di Painan, II - III MMI di Nias Selatan, II MMI di Padang Panjang, II MMI di Bukittinggi, II MMI di Kabupaten Solok, dan II MMI di Solok Selatan

Mengutip BMKG, getaran dengan kekuatan II MMI yakni getaran disarakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kemudian III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk lewat.

Halaman:

Editor: Asep S. Bakrie

Sumber: BMKG


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x