Presiden Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia Bahas Penguatan Hubungan Antarmasyarakat

- 18 Mei 2024, 22:22 WIB
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur Jenderal Australia, David Hurley, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat, 17 Mei 2024.
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur Jenderal Australia, David Hurley, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat, 17 Mei 2024. /BPMI Setpres/Rusman

SABACIREBON – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Gubernur Jenderal Australia, David Hurley, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Jumat.

Pertemuan tersebut berfokus pada penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia, khususnya melalui peningkatan kontak antarmasyarakat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyambut baik kunjungan Gubernur Jenderal Australia dan menekankan pentingnya hubungan yang lebih erat antara kedua negara. "Hubungan Indonesia dan Australia sangat strategis dan penting untuk terus diperkuat," ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Persib Bandung Lolos ke Final Championship Series Liga 1 Indonesia, Hajar Bali United 3-0

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan bahwa diskusi bilateral tersebut banyak menyoroti upaya untuk memperkuat kontak antarmasyarakat, atau yang dikenal dengan istilah people-to-people contact.

"Beliau kan sebagai gubernur jenderal sehingga pada saat pembicaraan bilateral lebih kepada upaya untuk memperkuat people to people contact," kata Menlu Retno.

Salah satu fokus utama dalam pembahasan ini adalah peningkatan pengajaran bahasa. Indonesia berencana untuk meningkatkan pengajaran bahasa Inggris di seluruh tingkatan pendidikan, sementara Australia akan memperkuat pengajaran bahasa Indonesia.

Baca Juga: Setelah 8 Tahun Pembunuh Vina Cirebon, Perong, Andi dan Dani Baru Diburu lagi. Kok Bisa?

"Kita yakin bahwa bahasa akan menjadi jembatan yang sangat baik bagi upaya kita untuk mendekatkan people to people contact," tambah Retno.

Halaman:

Editor: Otang Fharyana

Sumber: BPMI Setpres


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah