Cegah Komplikasi akibat Covid-19, Negara-negara Asia Timur Sediakan Lebih Banyak Vaksin Flu

- 15 September 2020, 21:07 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19.* / Xinhua/Zhang Yuwei/.*/ Xinhua/Zhang Yuwei

PR CIREBON – Beberapa negara Asia Timur meluncurkan program vaksinasi influenza lebih awal dan lebih agresif tahun ini, sebagai upaya untuk mengurangi potensi orang tertular flu dan Covid-19 secara bersamaan yang akan melumpuhkan sistem perawatan kesehatan.

Adanya gelombang kedua atau ketiga dari pandemi virus Corona yang membayangi banyak negara, mengatasi musim flu tahun ini yang biasanya terjadi antara Desember hingga Februari menjadi semakin mendesak.

Dilansir Pikiranrakyat-Cirebon.com dari Straits Times, Kementerian Kesehatan di Jepang sedang mempersiapkan 31,2 juta suntikan flu, naik 7 persen dari tahun lalu dan jumlah tertinggi sejak 2015.

Baca Juga: Ditekan Aktivis Hak Asasi Manusia, Amerika Serikat Umumkan akan Membatasi Impor Produk dari Xinjiang

Para pejabat juga mendesak pasien yang bergejala untuk menghubungi hotline medis sebelum menjalani tes untuk menghindari penularan di rumah sakit.

"Kami akan memfokuskan sumber daya medis kami pada orang sakit parah untuk mengantisipasi epidemi influenza musiman," kata Dr Takeshi Enami, seorang pejabat Kementerian Kesehatan Jepang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendesak vaksinasi flu global yang meluas tahun ini, di tengah kekhawatiran orang yang sama yang paling rentan terhadap risiko Covid-19, seperti orang tua dan mereka yang memiliki kondisi pernapasan juga berisiko terbesar terkena flu.

Baca Juga: Imbas Negatif PSBB Total Nyata Terasa, Pengendara Ojek Online Sudah Merugi hingga Sepi Penumpang

Sementara itu, di Korea Selatan otoritas kesehatan menyediakan 30 juta vaksin flu untuk musim dingin, naik 20 persen dari tahun lalu.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Straits time


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X