20 Negara Kompak Borong Vaksin Covid-19 Rusia, WHO Justru Tak Punya Informasi Cukup untuk Menilai

- 14 Agustus 2020, 07:00 WIB
ILUSTRASI vaksin virus corona. /*/Euro News

PR CIREBON Rusia mengatakan akan segera memulai untuk memproduksi vaksin yang dinamakan Sputnik tersebut.

Dikabarkan negara tersebut saat ini telah menerima pesanan dari 20 negara untuk 1 miliar dosis vaksin Covid-19 sehari setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkannya kepada dunia beberapa waktu lalu.

Menurut sebuah laporan yang ditayangkan di RT TV, sebanyak 20 negara yang meminta dosis vaksin Covid-19 Rusia tersebut berasal dari Amerika Latin, Timur Tengah, dan Asia.

Baca Juga: Permintaan Kak Seto Soal PJJ, dari Tawarkan Konsep Gembira hingga Seluruh Siswa Harus Naik Kelas

Seorang ahli senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Kamis, 13 Agustus 2020 bahwa saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Rusia untuk mendapatkan informasi tambahan tentang vaksin Covid-19.

Dr. Bruce Aylward, penasihat senior direktur jenderal WHO, mengatakan dalam konferensi pers bahwa WHO saat ini tidak memiliki informasi yang cukup untuk membuat penilaian tentang vaksin Rusia.

Kepada wartawan ia mengungkapkan, bahwa dengan koordinasi WHO, ada sembilan kandidat vaksin yang sedang melalui uji coba Fase 2 atau 3. Akan tetapi, vaksin Rusia bukan salah satu di antaranya.

Baca Juga: Dukung Arak Bali Sembuhkan Pasien Covid-19, Luhut: Kearifan Lokal, Bukan Akal-akalan Kepala Daerah

Pada Rabu malam, Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan bahwa negara tersebut akan memulai produksi vaksin dalam dua minggu.

Halaman:

Editor: Nur Annisa

Sumber: Reuters, Xinhua


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X