Kisah Cinta Bandung Bondowoso & Roro Jongrang Disambut Hangat Penonton Hungaria

- 23 Mei 2022, 22:30 WIB
Pertunjukan Sendratari Bandung Bondowoso dan Rorojongrang menarik minat warga Hongaria untuk mengenal kesenian dan budaya Indonesia.
Pertunjukan Sendratari Bandung Bondowoso dan Rorojongrang menarik minat warga Hongaria untuk mengenal kesenian dan budaya Indonesia. /Kemlu.go.id/

 

SABACIREBON - ”Saya harus mengunjungi Candi Prambanan di Indonesia," ungkap Christina (28).

Wanita itu adalah warga negara Hongaria, salah satu penonton pada Joint Gamelan Concert and Musical Drama Performance dengan judul, The Legend of Prambanan Temple yang berlangsung di Gobbi Hilda Stage, Hungarian National Theater-Budapest pada tanggal 20 Mei 2022.

Lain lagi komentar Dr. Tunde Hunyadikurti, Chief Cabinet dari Budapest Municipality, yang juga turut menyaksikan pertunjukan.

"Perasaan saya ikut sedih ketika Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung", ungkapnya.

Baca Juga: Dalam Sepekan Terakhir, Jumlah Pengunjung Wisata di Majalengka Melonjak, Terutama di Wilayah Ini

Pertunjukan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara KBRI Budapest dan KBRI Praha.

"Musik gamelan yang melankolis dan tiba-tiba dinamis, dialog narator dalam bahasa kami (Hongaria) yang sesuai dengan karakter pemain, serta penampilan para penari yang sangat menghayati peran, berhasil membuat saya dan para penonton lainnya ikut terhanyut dalam alur cerita tersebut," tambahnya.

Paa wawancara dengan TV Channel 6 Budapest sebelum acara dimulai, Duta Besar RI untuk Hongaria AH Dimas Wahab, mengatakan, animo masyarakat Hongaria dan Ceko cukup tinggi terhaap budaya Indonesia.

Ia yang didampingi Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Y.M. Ibu Kenssy Dwi Ekaningsih, lebih lanjut mengatakan, tingginya animo warga Hongaria menonton kesenian Indonesia sendratari, terbukti dengan habisnya tiket pertunjukan hanya dalam waktu dua jam setelah registrasi dibuka.

Baca Juga: Gerombolan Monyet Serbu Kampung Ciuyah, Sumedang, Rusak Kebun dan Kepung Rumah Warga

Halaman:

Editor: Asep S. Bakrie


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

x