Ketegangan di Perbatasan India Memanas, Tiongkok Putuskan Berlatih Perang di Dataran Tinggi Tibet

- 3 Juni 2020, 17:05 WIB
DI tengah wabah virus corona ini, Tiongkok justru meningkatkan anggaran militer untuk siap siaga di Laut China Selatan. DOK. AFP

PR CIREBON - Ketegangan di perbatasan India dan Tiongkok makin memanas. Tentara Tiongkok dilaporkan telah menggelar latihan perang di dataran tinggi Tibet. 

Berdasarkan laporan CCTV, pasukan Tiongkok di Tibet mengadakan latihan infiltrasi untuk menguji kesiapan tempur mereka di malam hari di daerah dataran tinggi. 

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari South China Morning Post, unit pasukan pengintai tentara Tiongkok atau PLA dalam beberapa hari terakhir telah memobilisasi target di Pegunungan Tanggula pada ketinggian 4.700 meter di atas permukaan laut, dengan menggunakan perangkat night vision pada kendaraan mereka untuk menghindari pengawasan drone dari kubu musuh.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Berikut Cara Mengetahui Kontak yang Paling Sering Berkomunikasi di WhatsApp

Seorang komandan batalyon pengintai, Ma Qian mengatakan, lebih dari 2.000 amunisi,termasuk granat senapan dan roket, ditembakkan selama latihan. 

Ia mengatakan latihan ini menguji kemampuan pasukan untuk beroperasi dalam situasi yang ekstrem dan rumit menggunakan peralatan baru.

Ketegangan telah meningkat di sepanjang perbatasan Tiongkok dan India sejak 5 Mei lalu, ketika pasukan dari kedua negara terlibat dalam perselisihan di lembah Sungai Galwan antara Ladakh di Kashmir yang dikelola India dan Aksai Chin yang dikelola Tiongkok.

Baca Juga: Bukan Hanya Rasisme Kulit Hitam, AS Juga Sebarkan Rasisme Anti Asia di tengah Pandemi Covid-19

Tentara dari kedua belah pihak banyak yang terluka dalam bentrokan yang melibatkan perkelahian tangan kosong dan lemparan batu di jalur gunung penting dekat Tibet ini. 

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: South China Morning Post


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X