AS Rencanakan Upaya Pengujian Vaksin Virus Corona Masif, Diharapkan Capai Tenggat Akhir Tahun

- 23 Mei 2020, 17:30 WIB
ILUSTRASI vaksin corona COVID-19

 

PIKIRAN RAKYAT - Amerika Serikat (AS) merencanakan upaya pengujian besar-besaran yang melibatkan lebih dari 100.000 sukarelawan dan setengah lusin kandidat vaksin yang paling menjanjikan dalam upaya memberikan yang aman dan efektif untuk obati Covid-19 pada akhir 2020.

Proyek ini akan memangkas waktu pengembangan vaksin yang biasanya dilakukan selama 10 tahun, menjadi pengujian dalam hitungan bulan saja.

Hal itu dilakukan karena urgensi untuk menghentikan pandemi yang telah menginfeksi lebih dari 5 juta orang, membunuh lebih dari 335.000 dan ekonomi yang terpukul di seluruh dunia.

Baca Juga: Cek Fakta: Google Disebut Rayakan Ultah ke-21 dengan Bagikan Paket Internet, Simak Faktanya

Untuk sampai di sana, para pembuat vaksin terkemuka telah sepakat untuk berbagi data dan meminjamkan penggunaan jaringan uji klinis mereka pada pesaing jika kandidat mereka sendiri gagal.

Berdasarkan laporan Reuters yang dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Reuters, calon yang menunjukkan keamanan dalam studi awal kecil akan diuji dalam uji coba besar 20.000 hingga 30.000 subyek untuk setiap vaksin yang akan dijadwalkan mulai Juli.

Antara 100.000 dan 150.000 orang mungkin terdaftar dalam studi ini, kata Dr. Larry Corey, pakar vaksin di Fred Hutchinson Cancer Center di Seattle, yang membantu merancang uji coba.

Baca Juga: Cekcok di Sebuah Gang, Pemuda di Cirebon Tusuk Kerabatnya Sendiri hingga Tewas

"Jika Anda tidak melihat masalah keamanan, Anda terus berjalan," kata Dr. Francis Collins, direktur National Institutes of Health (NIH), kepada Reuters.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X