Brasil Gagal Atasi Pandemi, Suku Amazon Gunakan Obat Tradisional dari Kulit Pohon dan Madu

- 21 Mei 2020, 19:30 WIB
Suku Amazon di Brazil yang juga terkena dampak pandemi COVID-19 tampak mengenakan masker dan sarung tangan.*

 

PIKIRAN RAKYAT - Sebuah suku di Amazon telah beralih ke obat tradisional untuk mengatasi virus corona di tengah meningkatnya kekhawatiran atas kegagalan pemerintah Brasil mengatasi pandemi.

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Independent, komunitas Satere-Mawe mengatakan kepada wartawan bahwa mereka menggunakan pengetahuan leluhur mereka tentang persiapan yang dibuat dari kulit pohon, madu, dan tanaman asli untuk mengobati gejala Covid-19.

Mereka (tanaman) termasuk carapanauba, saracuramira, caferana, dan saturado yang dikatakan memiliki sifat anti-malaria atau anti-inflamasi.

Baca Juga: Menikah Virtual di Tengah Pandemi, Surat Nikah Dikirim Kurir dan Tidak Ada Upacara Minum Teh

“Kita masing-masing menggunakan pengetahuan yang diberikan kepada kita untuk mengumpulkan perawatan dan mengujinya, menggunakan masing-masing terhadap gejala penyakit yang berbeda,” kata pemimpin suku Andre Satere Mawe.

Komunitas di lingkungan Taruma di sebelah barat kota Manaus sejauh ini melaporkan sebelas kasus yang diduga sebagai Covid-19.

"Saya merasa lemah, rasanya ada sesuatu di paru-paru saya, saya tidak bisa bernapas. Saya mengambil sirup buatan sendiri, yang membuat saya merasa jauh lebih baik," kata Valda Ferreira de Souza, warga desa yang sudah merasakan manfaat dari perawatan berbasis tanaman.

Baca Juga: Viral Hujan Es Berbentuk Virus Corona di Meksiko, Sebut Peringatan Tuhan untuk Diam di Rumah

Namun seorang ahli dalam penelitian tanaman obat memperingatkan masyarakat umum terhadap 'obat ajaib' yang belum terbukti efektif atau aman dalam uji medis.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: The Independent


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X