Belum Usai Virus Corona, Warga Tiongkok Meninggal Terkena Hantavirus

- 25 Maret 2020, 16:04 WIB
ILUSTRASI tikus.* /pexels

PIKIRAN RAKYAT - Ketika pandemi virus corona mulai melambat di Tiongkok, sebuah virus baru malah muncul di negara tersebut.

Diberitakan NST, Harian Cina The Global Times mengatakan, seorang laki-laki dari provinsi Yunnan barat daya meninggal dunia pada Senin 23 Maret 2020 setelah dinyatakan positif terjangkit hantavirus.

"Seseorang dari Provinsi Yunnan meninggal ketika dalam perjalanan kembali ke Provinsi Shandong untuk bekerja di bus sewaan pada hari Senin," tulis surat kabar itu.

Baca Juga: Terkesan Agak Sombong, Simak Arti Warna Emas dari Sisi Psikologis

Surat kabar tersebut menambahkan, 32 orang yang menjadi penumpang di dalam bus langsung diuji guna virus tak menyebar dan memakan lebih banyak korban. Informasi tentang hasil tes mereka tidak dipublikasikan.

loading...

Penyakit virus ini pertama kali dilaporkan di Amerika Serikat pada tahun 1993. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, anggota keluarga patogen hantavirus sebagian besar disebarkan oleh tikus.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Jokowi Membeli Obat Berbahaya dan Mematikan dari Tiongkok untuk Tangkal Corona?

Hantavirus bisa ditularkan melalui udara. Hal ini terjadi ketika partikel virus dari urine, kotoran, dan air liur hewan bergerak di udara dan menginfeksi manusia.

Dalam kasus yang jarang terjadi, seseorang dapat terjangkit hantavirus jika digigit oleh hewan yang terinfeksi.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: China Times, New Straight Times

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X