Kesepakatan dengan India Gagal, Tiongkok Kirim Peluncur Roket Jarak Jauh di Perbatasan

- 21 April 2021, 06:00 WIB
Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok atau People’s Liberation Army (PLA) kirim peluncur roket jarak jauh usai kesepakatan dengan India gagal.
Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok atau People’s Liberation Army (PLA) kirim peluncur roket jarak jauh usai kesepakatan dengan India gagal. /

PR CIREBON- Baru-baru ini, kabar cukup mengejutkan datang dari Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok atau People’s Liberation Army (PLA).

Surat kabar militer mengatakan, PLA telah melakukan latihan menggunakan sistem peluncur roket jarak jauh yang dilengkapi dengan kemampuan serangan presisi.

Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari SCMP, PLA diketahui telah mengerahkan alutsista militer canggih berupa peluncur roket jarak jauh ke Himalaya.

Baca Juga: Cek Hari Keberuntungan untuk Setiap Zodiak di Sini, Kamu yang Mana?

Menurut analis sekaligus juru bicara militer, hal tersebut bertujuan untuk memperkuat pertahanan perbatasan Tiongkok dan bertindak sebagai penangkal serangan dari India.

Langkah tersebut merupakan yang pertama kalinya dilakukan Tiongkok, PLA juga mengkonfirmasi penyebaran sistem roket jarak jauh tersebut ke perbatasan dengan India.

Tindakan tersebut diduga dipicu dari gagalnya kesepakatan kedua negara, yang mengakibatkan hubungan India dan Tiongkok menjadi tegang.

Baca Juga: Laporkan Ribuan Korban Tewas Akibat Covid-19 Setiap Hari, Sejumlah Kota di India Kini Kembali Lockdown

Pada pekan lalu, India dan Tiongkok telah melakukan pembicaraan mengenai kesepakatan pelepasan penuh di wilayah sepanjang perbatasan yang disengketakan.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: SCMP


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X