Mohammed bin Salman Diduga Berperan dalam Kasus Jamal Khashoggi, Dunia Ikut Bereaksi

- 28 Februari 2021, 13:40 WIB
Mohammed bin Salman diduga terlibat dengan Pembunuhan Jamal Khashoggi.* //Instagram/mohammed_bin_salman_ksa

PR CIREBON — Dunia bereaksi menanggapi kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Sejumlah pihak menyampaikan pernyataan sikapnya.

Seruan itu ditujukan untuk adanya akuntabilitas keadilan yang harus tumbuh di atas kebenaran, ketika laporan Amerika Serikat menemukan Jamal Khashoggi dibunuh oleh pasukan pembunuh Saudi yang beroperasi di bawah komando Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Badan-badan intelijen AS telah menyimpulkan dalam sebuah laporan baru bahwa jurnalis Saudi yang terbunuh, Jamal Khashoggi, dibunuh oleh pasukan pembunuh Saudi di bawah komando Mohammed bin Salman (MBS).

Baca Juga: Tarot Reading Minggu 28 Februari 2021, Ramalan Zodiak: Libra, Sagitarius, Pisces, Scorpio, Aquarius, Capricorn

Laporan secara terbuka yang dirilis pada hari Jumat, 27 Februari 2021 waktu negara setempat, mengonfirmasi peran pejabat tinggi intelijen AS yang dipercaya oleh penguasa de facto Arab Saudi dalam pembunuhan Jamal Khashoggi pada tahun 2018.

“Kami menilai bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menyetujui operasi di Istanbul, Turki, untuk menangkap atau membunuh jurnalis Saudi Jamal Khashoggi,” kata Kantor Direktur Intelijen Nasional AS.

“Sejak 2017, Putra Mahkota memiliki kendali mutlak atas organisasi keamanan dan intelijen Kerajaan, sehingga sangat tidak mungkin pejabat Arab Saudi melakukan operasi seperti ini tanpa izin Putra Mahkota,” tambahnya, dikutip Cirebon.Pikiran-Rakyat.com dari Aljazeera.

Jamal Khashoggi, seorang pria 59 tahun, adalah seorang kolumnis untuk surat kabar Washington Post yang pernah mengkritik pemerintah Arab Saudi. Dia dibunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari ini, 28 Februari 2021: Libra, Scorpio, dan Sagitarius Jangan Terlalu Berharap

Halaman:

Editor: Rahmi Nurlatifah

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X