Tersangka Capitol AS Salahkan Donald Trump dan Media Sayap Kanan sebagai Penyebab Kerusuhan

- 23 Februari 2021, 12:35 WIB
Kerusuhan pro-Trump. Salah satu tersangka kerusuhan Capitol AS menyalahkan kejadian itu pada Donald Trump dan media sayap kanan.* /Instagram/@coffeecess

PR CIREBON – Seorang tersangka yang dituduh dalam kerusuhan 6 Januari lalu di Capitol AS, menyalahkan media sayap kanan atas tindakannya.

Karena perusuh Capitol itu, media konservatif kini menghadapi tuduhan bahwa mereka menyebarkan informasi yang salah menjelang kekerasan yang menewaskan lima orang tersebut.

Dalam mosi untuk dibebaskan ke rumah tahanan sambil menunggu hasil dari kasusnya, tersangka bernama Jessica Watkins itu mengatakan dirinya menjadi korban klaim palsu dan hasutan dari mantan presiden AS Donald Trump, pendukungnya, dan media sayap kanan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, 23 Februari 2021: Capricorn, Aquarius, dan Pisces Beberapa Ikatan Mungkin akan Putus

Dia tidak mengidentifikasi media dengan nama atau memberikan rincian lebih lanjut tentang klaim apa yang membuatnya ikut serta dalam protes tersebut.

Watkins, pemimpin kelompok sayap kanan The Oath Keeper, telah didakwa bersekongkol untuk menyerbu Capitoldalam mencegah Kongres memberikan sertifikasi kemenangan pada Presiden Joe Biden.

Watkins mengaku tidak bersalah atas tuduhan konspirasi.

Baca Juga: Parlemen Kanada Keluarkan Mosi, Putuskan Tiongkok Lakukan Genosida Terhadap Muslim Uighur

Peran yang diduga dilakukan media menjelang pengepungan Capitol telah menghadapi kritik di beberapa tempat.

Sebelumnya, dua anggota parlemen dari Partai Demokrat AS mengirim surat ke belasan perusahaan kabel, satelit dan video streaming mendesak mereka untuk mengatasi menyebarkan informasi yang salah kepada jutaan pengguna dari beberapa saluran.

Halaman:

Editor: Tyas Siti Gantina

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X